-->

Masjid Agung Medan Dipenuhi Masyarakat Liburan Tahun Baru

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDAN- Ada satu tren yang menggembirakan dewasa ini. Ternyata, berlibur tak hanya ke pantai, gunung, danau atau destinasi lainnya. Masjid semakin jadi alternatif untuk liburan sebagian masyarakat.

Sebagaimana suasana Masjid Agung Sumut di Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (1/1/2020) sore, dipenuhi oleh jamaah yang sebagian mengaku sengaja datang sekaligus mengisi waktu liburan tahun baru untuk kunjungan Mesjid.

Suasana menjelang dan bakda Shalat Ashar sore itu dirasakan benar-benar semarak namun tetap dalam suasana religius dan penuh silaturrahim, apalagi sore itu jamaah bisa menikmati teh manis jamaah gratis yang tersedia setiap hari bakda Ashar.

Teh manis jamaah atau populer disebut "te-em-je" yang tersedia di teras depan Masjid Agung Medan setiap hari usai (bakda) Shalat Ashar ini merupakan sumbangan dari Ketua Bidang Kemakmuran Masjid Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Agung Medan H Yuslin Siregar.

"Alhamdulillah, nikmat rasanya bakda Ashar kami mengambil sendiri minuman teh manis panas dari tempat yang disediakan (semacam dandang stainless steel ukuran besar berkeran putar - red)," ujar salah seorang jamaah.

Menurut jamaah kunjungan ke Masjid Agung ini memang sengaja mereka rencanakan dalam schedule liburan tahun baru ini, karena menikmati liburan sambil beribadah memiliki kepuasan tersendiri, termasuk memberikan nilai rekreasi bathin dan menambah semangat spiritual dan religius.

Jamaah lainnya bermarga Tanjung mengemukakan kunjungan liburan ke Masjid membuat suasana rekreasi menjadi sakral. Setelah mengunjungi tempat rekreasi, termasuk ke taman kota atau mengelilingi pusat perbelanjaan, mereka mengatur waktu agar pas waktu Shalat bisa singgah ke Masjid.

"Alhamdulillah Masjid Agung Medan yang lokasinya di pusat kota dan berdekatan dengan salah satu pusat perbelanjaan yang memiliki sarana hiburan maka Insya Allah gampang dikunjungi saat liburan," katanya.

Tren liburan memenuhi Masjid ini tentu bukan barang baru melainkan sudah dari dulu, bahkan mengunjungi Masjid selayaknya memang harus setiap hari dan setiap saat, namun kecenderungan jemaah semakin banyak saat liburan juga cukup positip.

"Indonesia sebagai negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia tentu mudah untuk menemukan rumah ibadah ini. Jadi kunjungan ke Masjid harus terus kita syiarkan," kata salah seorang jamaah lainnya.

Banyak yang bisa dinikmati dari setiap bangunan masjid. Mulai dari arsitekturnya, kemegahan bagunan, sejarah pendirian, hingga berbagai keunikan lain yang bisa dieksplorasi lebih jauh.

Tentunya, sebagai Muslim yang taat, jangan lupa dirikan Shalat di setiap masjid yang dikunjungi, biar liburan makin sempurna.(Zal/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini