Pertamina Gelar Pelatihan  Bencana & Kecelakaan 

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Bencana dan kecelakaan lalu lintas menjadi faktor yang berpotensi mengganggu kelancaran penyaluran BBM dan elpiji. Untuk itu, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I melalui fungsi Health, Safety, Security dan Environment (HSSE) melaksanakan serangkaian pelatihan bertujuan mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas dan dampak bencana.

Demikian Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR I Roby Hervindo kepada wartawan, Rabu (12/2/2020).
Dikatakannya, berdasarkan data Badan Nasional  Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat lebih dari 12 kali bencana melanda Sumut di tahun lalu. Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut mengidentifikasi di Sumut memiliki 14 jenis bencana alam.

Di sisi lain, PT Jasa Raharja menyebutkan lebih dari 8.000 orang terlibat kecelakaan lalu lintas di Sumut tahun 2019. Hingga 171 miliar rupiah dihabiskan PT Jasa Raharja untuk menyantuni korban kecelakaan.

" Karenanya, kami menggelar pelatihan Military Contigency Plan bagi personil TNI. Juga Safety Riding bagi pekerja Pertamina, serta edukasi dan sosialisasi bahaya kebakaran untuk siswa SD dan SMP," ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 10 - 13 Februari di Fuel Terminal (FT) Sibolga, FT Medan Group dan wilayah Medan Labuhan.
Menurutnya, pelatihan Military Contigency Plan bertujuan memberikan keterampilan dasar mengoperasikan mobil tangki untuk personil TNI Kodam I/Bukit Barisan.

Lewat pelatihan ini personil TNI dapat diaktifkan jika terjadi bencana alam maupun bencana sosial yang menyebabkan awak mobil tangki (AMT) reguler tak dapat bertugas.

“Dengan pelatihan Military Contigency Plan ini, kami sebagai personil TNI kini bisa terjun langsung membantu Pertamina ketika terjadi bencana alam. Ilmu ini pasti akan kami praktekkan di kemudian hari saat dibutuhkan,” tutur Serma Alfahmi, personil Bekangdam, di FT  Sibolga.

Sementara itu di tempat terpisah dilaksanakan pelatihan safety riding untuk pekerja dan mitra kerja Pertamina MOR I di FT Medan Group dengan menggandeng PT Indako Trading Coy.

Menurutnya, platihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkendara yang aman dan benar.

Tidak lupa untuk generasi muda, Pertamina MOR I memberikan edukasi dan sosialisasi bahaya kebakaran. Kegiatan diselenggarakan  untuk siswa SD 060905 Medan Labuhan serta SMP 39 Labuhan Deli.

“Pencegahan dan penanggulangan kebakaran harus dikenalkan sejak masih usia sekolah agar ketika terjadi kasus tersebut, sudah tahu langkah apa yang harus dilakukan dan ilmu tersebut terbawa hingga dewasa,” ujar

"Siswa siswi diberikan pengenalan sejak dini bahaya kebakaran. Mereka juga lakukan praktek pemadaman api ringan. Pada kesempatan itu, mereka juga mendapat sosialisasi produk-produk Pertamina," jelas Roby.

Rangkaian pelatihan dan edukasi ini, merupakan bagian dari peringatan bulan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Roby berharap rangkaian kegiatan ini dapat mengurangi jumlah kecelakaan dan dampak bencana.(Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini