USU Berduka, Mantan Rektor USU Prof dr H Chairuddin P Lubis Wafat

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) berduka atas berpulangnya Prof dr H Chairuddin P Lubis DTM&H SpA (K), di RS Colombia Asia, Rabu (16/9/2020) pukul 07.45 WIB.

Almarhum meninggal dunia bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke-68 Fakultas Kedokteran USU.

Demikian Rektor Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum didampingi Kepala Humas dan Protokoler Elvi Sumanti, Rabu pagi.

"Saya selaku Rektor,  pimpinan, sivitas akademika USU sangat merasa kehilangan atas berpulangnya senior yang karya, ide dan gagasannya baik selama dia menjadi dosen maupun sebagai Rektor USU periode 1994-1998, 1998-2002, diperpanjang hingga 2005, periode USU PT-BHMN 2005-2010, sangat luar biasa untuk kemajuan universitas terkemuka di Indonesia ini," ungkapnya.

Dikatakannya, ada beberapa jasa almarhum yang sangat monumental di antaranya perjuangannya untuk menjadikan USU menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (USU PT BHMN) Tahun 2003 pertama di luar Pulau Jawa. Lalu sejak 2014 berubah menjadi PTN BH.

Kemudian perjuangannya memperoleh Kampus USU di Kwala Bekala seluas 300 ha, perjuangannya memperoleh bantuan dari Pemerintah RI untuk pembangunan Rumah Sakit USU dan meletakkan batu pertama Pembangunan RS USU. 

Pada masa kepemimpinannya, paparnya, USU masuk dalam jajaran 10 Besar PTN di Indonesia.

"Banyak lagi karya almarhum yang menjadi karya monumental dan dikenang sepanjang sejarah USU," ungkapnya.

Baginya, lanjut Runtung, Prof Chairuddin P Lubis, selain sebagai pendahulu saya sebagai Rektor USU, juga kami menganggap sebagai orangtua, abang, tempat untuk bertanya di kala ada masalah yang dihadapi dalam menjalankan tugas sebagai rektor. Sifat Prof.Chairuddin yg visioner, tegas, jujur, dan tiada hari tanpa memikirkan kemajuan USU menjadi sumber inspirasi dan tauladan yg baik bagi saya. 

"Selamat jalan abang kami Prof Chairuddin, semoga segala pengabdian dan kebaikan dan tauladan yang abang berikan diterima sebagai pahala Allah SWT. Kami semua senantiasa mendoakan semoga Allah SWT mengampuni dosa dan kealpaan yang pernah abang lakukan, dan abang mendapat tempat sebaik-baiknya di sisi Allah SWT," ucapnya. 

Almarhum direncanakan akan dikebumikan pada Rabu habis Salat Dzuhur di TPU Sei Batu Gingging Medan. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini