-->

Ditargetkan Akhir Oktober Surat Suara Dicetak, November Didistribusikan

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kota Medan mempersiapkan proses pencetakan surat suara Pilkada Medan 9 Desember 2020. 

Hal ini pasca disetujuinya spesimen surat suara Pilkada Medan pada Sabtu (10/10/2020) lalu.

Demikian Ketua KPU Medan Agussyah Ramadhani Damanik didampingi Komisioner Divisi Teknis M Rinaldi Khair kepada wartawan ketika ditemui di gedung KPU Medan, Selasa (13/10/2020).

"Saat ini KPU Medan tengah berkoordinasinasi dengan KPU RI untuk mempersiapkan lelang surat suara Pilkada Medan melalui e-catalog," paparnya.

Hal senada juga disampaikan Komisioner KPU Medan Divisi Teknis M Rinadi Khair dalam kesempatan yang sama. Begitu diperoleh pemenang lelang lalu langsung dilaksanakan pencetakan. 

Saat dicetak, KPU Medan akan mengirimkan stafnya bersama Bawaslu guna melihat proses cetak surat suara.

"Direncanakan, pada akhir Oktober ini surat suara sudah dicetak dan November sudah didistribusikan serta tiba di gudang KPU Medan guna dilakukan pencetakan dan pengesetan," paparnya sembari mengungkapkan terkait jumlah surat suara yang dicetak sebanyak jumlah DPT ditambah cadangannya. Terkait DPT, ungkapnya, KPU Medan juga tengah mempersiapkan proses penetapan DPT.

"Rencananya, Kamis (15/10) atau Jum'at (16/10/2020) KPU Medan akan melaksanakan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP) dari 21 kecamatan se-Kota Medan guna ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020," tukasnya seraya menampaikan selanjutnya DPT ini akan menjadi acuan KPU Medan dalam pencetakan dan pengadaan logistik Pilkada baik Surat Suara, formulir, bilik dan sebagainya.

Dalam kesempatan ini juga disampaikannya, pada Sabtu mendatang KPU Medan juga akan melaksanakan simulasi pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Medan di tengah Pandemi Covid-19 di samping kantor KPU Medan.

Dalam simulasi ini nantinya, akan diperagakan kegiatan pemungutan suara dibuat seolah-olah tengah berlangsung pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibuka mulai pukul 07.00WIB dengan mempersiapkan TPS. Lalu proses pemungutan suara, dan penghitungan suara.

"Dalam simulasi ini nantinya kan dihadiri Plh Ketua KPU RI Iham Syahputra dan Evi Novida Ginting melaksanakan supervisi kegiatan ini," jelasnya sambil menyampaikan dengan simulasi ini nanti akan tergambar bagaimana situasi pemilihan suara di TPS pada 9 Desember 2020 mendatang serta langsung dicarikan solusinya. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini