Tumbangkan Dua Profesor, Dr Muryanto Amin Terpilih sebagai Rektor USU Periode 2021-2026

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Tumbangkan dua profesor, Dr Muryanto Amin terpilih menjadi Rektor USU periode 2021-2026.

Hal ini berdasarkan hasil sidang pemilihan dan penetapan yang dilaksanakan Majelis Wali Amanat (MWA) USU di kantor Dirjen Dikti Kemendikbud Senayan Jakarta, Kamis (3/12/2020).  

Dalam pemilihan rektor yang digelar MWA Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Dr Muryanto Amin memperoleh 18 suara (57,75 persen) dengan mengungguli pesaingnya yakni Prof Farhat dengan memperoleh 11 suara (35,75 persen) dan Prof Muhammad Arif Nasution 2 suara (6,5 persen). 

Hadir pada kesempatan tersebut Direktorat Jenderal Dikti Muhammad Nizam yang bertindak mewakili menteri, Sekretaris Daerah Sumatera Utara Sabrina yang mewakili Gubernur serta seluruh anggota MWA lainnya. 

Ketua MWA USU Kartini Sjahrir Panjaitan usai pemilihan mengatakan selamat atas terpilihnya rektor baru USU Muryanto Amin yang akan menggantikan Runtung Sitepu periode depan. “Semoga USU akan lebih baik dibawah kepemimpinan Muryanto Amin," ujarnya.

Rektor terpilih

Dr Muryanto Amin dalam pernyataan singkatnya berterimakasih kepada MWA yang telah melakukan pemilihan rektor ini dengan baik dan lancar. Beliau juga mengajak seluruh civitas akademika (pimpinan, dosen, tendik dan mahasiswa) USU untuk tetap bekerjasama bahu membahu membangun USU ke depan. “Ke depan tugas kita semakin berat karena harus tetap mempertahankan apa yang sudah diraih pimpinan sebelumnya bahkan harus lebih meningkat lagi”, ujarnya.

Muryanto Amin merupakan alumni Fisip USU angkatan 92, Lahir di Medan 30 September 1974 ini berhasil menjadi rektor USU setelah melewati tahapan-tahapan penyaringan yang dilakukan oleh Senat Akademik USU. Jenjang Magister dan Doktor Ilmu Politik diraihnya dari Universitas Indonesia. Beliau merupakan dosen di Program Studi Ilmu Politik yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU pada saat ini. 

Pemilihan Rektor USU sudah dimulai dimulai sejak Oktober lalu diawali dengan pemilihan anggota MWA wakil masyarakat. Selanjutnya pendafataran calon rektor yang dimulai pada 6 November 2020 dimana terdapat 7 orang pendaftar, 6 dari USU dan 1 dari luar USU. Selanjutnya ditetapkan 6 calon yang memenuhi syarat untuk maju pada tahap audisi. Pada tahap ini 2 calon mundur tersisa 4 calon yang dibawa ke Senat Akademik. Kemudian Senat akademik melakukan penjaringan untuk memilih 3 orang calon rektor USU yang akan dipilih oleh MWA. 

MWA USU sendiri terdiri dari 8 orang wakil Senat Akademik, 10 orang wakil masyarakat, dan 3 orang ex officio yaitu Rektor USU, Gubernur Sumut dan Mendikbud. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini