-->

Dinas Pertanian & Peternakan Karo Pantau Ternak Sapi Serta Kerbau Diasuransikan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM  - Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Karo Sumatera Utara, melakukan pemantauan ternak sapi dan kerbau masyarakat yang telah diasuransikan kepada Pemerintah. Asuransi ternak sapi dan kerbau ini untuk membantu peternak meminimalkan resiko kerugian, jika hewan ternaknya mengalami kematian atau hilang.

Pemantauan ini juga sekaligus untuk memastikan perawatan, kesehatan hewan ternak maupun potensi pengembangannya. Menurut Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Karo Ir Metehsa K Purba, Kamis (04/04/2021) di lokasi salah satu sentra peternakan sapi di Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo bahwa asuransi usaha ternak sapi ini merupakan program asuransi usaha ternak sapi/kerbau (auts/k) Pemerintah.

“Auts/k adalah salah satu produk asuransi memberikan perlindungan kepada peternak agar mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Sehingga, mereka bisa focus dalam pengelolaan usaha peternakan dengan maksimal dan meminimalkan resiko kerugian, jika hewan ternaknya mengalami kematian atau hilang,” ujarnya 

Lanjutnya, asuransi ini berlaku untuk hewan ternak sapi dan kerbau saja, syarat berjenis kelamin betina minimal berumur satu tahun karena target adalah komoditas yang mudah terkena risiko, yaitu sapi betina agar tetap dipertahankan untuk berkembang biak. Biaya premi sebesar Rp 40 ribu pertahunnya, lalu ternak akan diberi tanda atau label pada bagian telinganya.

"Bagi peternak yang mengikuti program ini. Bila terjadi sesuatu pada hewan ternak yang diusahakan, seperti mati atau hilang karena tindak kriminal seperti pencurian, maka peternak akan menerima klaim uang pertanggungan (up) sebesar rp10 juta per ekor. Jika terjadi sesuatu hal ternak dilakukan mati paksa akan diganti rugi 50 persen dan dapat diambil dagingnya oleh peternak,” jelasnya.

Dari data Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Karo ditahun 2020 terdaftar sebanyak 152 ekor dan pada tahun 2021 ini sudah mencapai 133 ekor ternak sapi dan kerbau yang diasuransikan,” tutup Metehsa K Purba.

Share:
Komentar

Berita Terkini