Lantik Sekretaris Kabupaten/Kota Se-Sumut, Ketua KPU: Jangan Ada Dua Matahari di KPU

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengingatkan pada seluruh sekretaris KPU dan KIP  kabupaten/kota yang baru dilantik untuk senantiasa bekerjasama dengan komisioner KPU kabupaten/kota dan hindari adanya dua kepemimpinan di dalam lingkungan kerja KPU.

"Saya ingatkan jangan ada dua matahari di KPU dan KIP," ujar Ketua KPU RI Ilhamsyahputra dalam sambutannya pada pelantikan tujuh sekretaris KPU kabupaten/kota Se-Sumut secara daring, Rabu (22/9/2021).

Selain di Sumut juga dilaksanakan pelantikan serupa serentak se-Indonesia.

Lebih lanjut Ilham mengatakan jika ada persoalan harus diselesaikan  secara baik dan hubungan komisioner dan sekretaris KPU menjadi kunci suskesnya pelaksanaan Pemilu. Tugas sekretaris adalah melayani seluruh kebutuhan Pemilu 

"Ini sekaligus tidak ada menimbulkan kecurigaan dalam bekerja antara komisioner dan sekretaris," paparnya.

Sebagaii Aparatur Sipil Negara (ASN) harus taat pada peraturan dan UU. Bagi ASN  yang yang belum berhasil untuk meluruskan niatnya kembali mengikuti seleksi dalam kesempataan yang akan datang.

Terakhir ia juga mengingatkan sekretaris juga harus bisa menjadi contoh tauladan bagi seluruh ASN yang ada di KPU untuk itu hindari kesalahan dalam melaksanakan tugasnya. 

"ASN saat ini dituntut juga harus bisa menciptakan inovasi-inovasi baru didalam bekerja," paparnya sembari mengucapkan selamat bagi sekretaris yang baru dilantik.

Sementara Sekjen KPU RI  Bernad dalam sambutanya mengiingatkan pada pejabat Sekretaris KPU dan KIP kabupaten/kota di mana ada beberapa hal yang harus dilaksanakan sekretaris setelah dilantik. Pertama  harus melakukan kordinasi dan menghadap komisoner kpu kabupaten kota dimasing-masing tempat.

" Tugas sekretaris adalah melayani," tegasnya.Kedua segera mengumpulkan seluruh pejabat dan staf ASN guna melakukan konsolidasi  kerja  karena dalam waktu tiga bulan harus mempersiapkan kegiatan KPU seperti DIPA . 

Ketiga sebagai ASN selain mempunyai aturan sendiri juga memiliki dan mentaati kode etik yang ada didalam KPU sehingga nantinya bisa melaksanakan Pemilu pada tahun 2024 yang akan datang. 

Acara pelantikan tujuh sekretaris KPU kabupaten kota di Sumut dilaksanakan diaula kantor KPU Sumut. jalan Perintis Kemerdekaan Medan.

Pelantikan disaksikan Sekretaris KPU Sumut Irwan Zuhdi Siregar SH, Kabag Program Data dan SDM Ev Ratimah Daulay, Kabag Umum Tina, Kabag Teknis dan Hukum Maruli Pasaribu, Kasubag SDM Harry Darma, Komisioner KPU Kabupaten kota serta undangan lainnya.

Adapun sekretaris KPU kabupaten kota di Sumut yang dilantik yakni Muhammad Arif Sekretaris KPU Sergei, Anwar Fahmi Lubis Sekretaris KPU Labuhanbatu, Jhon Hitler Saragi Sekretaris KPU Nias, Bekaria Murti Lubis Sekretaris KPU Kota Padangsidimpuan, Muhammad Azmir Daulay Sekretaris KPU Paluta, Petrus Hamonagan Panjaitan Sekretaris KPU Nias Utara dan Merida Manurung Sekretaris KPU Kota Gunung Sitoli. 

Usai acara pelantikan Sekretaris KPU Provinsi Sumut Irwan Zuhdi Siregar SH mengatakan  sebelumnya KPU RI telah mengumumkan hasil tes wawacara terhadap peserta calon  Sekretaris KPU  kabupaten- kota di Sumut.

"Pada 10 September kemarin, telah diumumkan hasilnya," jelasnya.

Dan  hasil tes wawancara ini, diperoleh hasilnya tiga nama calon pejabat  Sekretaris KPU  kabupaten kota yang  diserahkan kepada Kepala Pembina ASN KPU RI.

"Saya berharap mereka segera berkordinasi dan bekerja sama dengan komisioner KPU kabupaten/kota masing-masing sesuai petunjuk bapak Sekjen KPU RI tadi," jelasnya. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini