Analisa & Evaluasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Karo

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Status zonasi PPKM turun level 2 guna pengawasan dan penanganan Covid-19 selanjutnya, Bupati Karo Cory S Sebayang dan Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo SH SIK, gelar Rapat Analisa dan Evaluasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Karo, Kamis (30/09.2021) sekira pukul 10.00 Wib, di Aula Pur Pur Sage Polres Tanah Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Kapolres Tanah Karo, AKBP. Yustinus Setyo, SH.S.I.K menyampaikan agar bersama melakukan pengawasan, analisa, penanganan dan percepatan vaksinasi diwilayah Kabupaten Karo guna mempertahankan PPKM level 2 dan menargetkan menjadi turun ke level 1. 

"Forkopimca dapat merapatkan kembali percepatan diwilayahnya masing-masing, untuk mempertahankan level 2 ini, dan kalau bisa diturunkan menjadi level 1,” kata AKBP Yustinus.

"Laksanakan pengawasan warga yang terkonfirmasi Positif Covid-19 untuk segera dilaksanakan 3T, agar tidak tersebar penyebarannya, dan awasi sampai sembuh. Dianalisa, kematian akibat Covid-19 umumnya terjadi kepada masyarakat yang terpapar namun belum mendapatkan vaksinasi, menjadi evaluasi bersama vaksinasi harus benar-benar dilaksanakan sampai dengan vaksin ke 2 dan dipercepat pelaksanaanya," lanjutnya.

Setiap Puskesmas diharapkan tidak hanya memiliki 1 (satu) Tim Vaksinator, untuk mempercepat proses vaksinasi. Kendala saat ini dalam percepatan kurangnya Vaksinator di wilayah Karo. Untuk itu Polres Tanah Karo merencanakan membentuk 10 (sepuluh) Tim Vaksinator, dari relawan anggota keluarga Polri, yang berlatar belakang kesehatan maupun diluar dari keluarga Polri.

 "Melalui rapat ini, bagaimana bisa Kabupaten Karo memiliki Vaksinator yang cukup untuk pelaksanaan Vaksinasi. Pelaksanaan Vaksinasi Door to Door ke Desa Desa, lebih maksimal untuk memaksimalkan target vaksinasi, dikarenakan vaksinasi di satu lokasi di suatu desa lebih cepat dan maksimal hasilnya daripada pelaksanaannya disetiap Puskesmas di Kecamatan,” tutup Kapolres Tanah Karo

Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan terimakasih atas kerjasama selama ini. Atas kerjasama antar instansi terkait percepatan penanganan covid-19, zonasi PPKM diwilayah Kabupaten Karo menjadi level 2, agar dipertahankan dan kalau bisa diturunkan lagi menjadi level 1. Dengan pengawasan, penanganan, percepatan vaksinasi diharapkan Indonesia terbebas dari Covid-19, khususnya wilayah Kabupaten Karo menjadi zona hijau.

"Dalam percepatan vaksinasi, agar tetap berkoordinasi antar instansi terkait dengan baik dalam hal pelaksanaan Vaksinasi. Untuk kita ketahui setelah turunnya Level di Kabupaten Karo menjadi Level 2, aturan pelaksanaan di Jambur (Aula) untuk pesta sudah dapat dibuka, namun dengan tetap mempedomani aturan prokes dengan batasan 50 persen. Kita tetap antisipasi agar para pimpinan satuan wilayah untuk bersama memperhatikan dan menjalankan Prokes, jangan sampai naik level,” tegas Cory S Sebayang.

Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0205/TK diwakili oleh Pasi Ops, Kabag Ops Polres Tanah Karo Kompol D. Munthe, S.H, Kadis Kesehatan Karo drg Irna Safrina S. M.Kes, Para PJU Polres Tanah Karo, dan Pejabat Forkopimca se-Kabupaten Karo serta Ka Puskesmas se-Kabupaten Karo. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini