Desa Silo Laut Salah Satu Kampung Bahari Nusantara di Indonesia

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Komandan Pangkalan TNI AL (DanLanal) Tanjung Balai-Asahan (TBA) melakukan Kunjungan di Kabupaten Asahan dalam rangka pemaparan tim monitoring data geografi dan demografi spotmar Mabes TNI AL tentang program ketahanan pangan dan kampung bahari nusantara di Desa Silo Laut, Jumat (19/11/2021).

Kunjungan tim Danlanal TBA yang dipimpin Spotmar Mabes TNI AL Letkol laut (E) Iwan Kusuma, Letkol laut (KH) Very Budianto, (OPSLA), Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Asahan disambut Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan John Hardi Nasution.

"Pemkab Asahan mengapresiasi TNI AL yang telah mencanangkan desa Silo Baru, kecamatan Silo Laut sebagai program kampung bahari nusantara (KBN) yang akan diselenggarakan di Kabupaten Asahan, "kata Sekdakab Asahan John Hardi Nasution.

John Hardi Nasution juga mengatakan bahwa Pemkab Asahan menyambut baik program ini, karena data geografi kabupaten Asahan yang strategis dan berbatas langsung dengan Selat Malaka negara Malaysia dan negara Singapura serta negara lainnya di Asean.

"Program ini merupakan program ketahanan pangan dalam negeri khususnya daerah Kabupaten Asahan agar terwujud dan mumpuni untuk peluang eksport pasar internasional terbuka lebar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, "sebutnya.

Sementara itu, Spotmar Mabes TNI AL Letkol laut (E) Iwan Kusuma, memaparkan bahwa Kampung Bahari Nusantara adalah proyek yang dijalankan TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia. 

"Kampung Bahari Nusantara ini adalah sinergitas untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat antara kesehatan, edukasi, ekonomi, pertahanan dan pariwisata, sehingga masyarakat di pesisir dapat lebih sejahtera, "katanya.

Kata dia, dari sisi pertahanan dapat membantu prajurit laut dalam menjaga kedaulatan NKRI, sehingga apabila ada sesuatu hal yang menjadi penghambat ataupun merugikan nelayan di laut masyarakat bisa melaporkan agar dapat diantisipasi secepat mungkin.

"Desa Silo Baru diresmikan sebagai program kampung bahari nusantara, seluruh masyarakat diharapkan menjaga dan mengembangkannya, sehingga program ini tetap berjalan berkesinambungan, "ujar Spotmar Mabes TNI AL Letkol laut (E) Iwan Kusuma menambahkan. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini