Bupati Asahan Sampaikan Jawaban Pandangan Fraksi DPRD Asahan Terkait Ranperda TA 2023

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan H. Surya, BSc menjawab pandangan umum setiap Fraksi di DPRD Asahan terhadap Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Asahan tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 dalam rapat Paripurna DPRD Asahan, Selasa (1/11/2022).

Bupati Asahan Surya, mengatakan, untuk bidang ekonomi/keuangan. Pemkab Asahan melalui OPD terkait telah merencanakan program dan kegiatan yang sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat, diantaranya fasilitas bantuan pengembangan ekonomi kepada masyarakat miskin, fasilitas pemberian bantuan sosial kesejahteraan keluarga dan penyediaan permakanan serta penyediaan sandang bagi korban bencana daerah.

Dikatakannya. Pada bidang kesehatan, kondisi cuaca yang berubah dan intensitas hujan yang tinggi seringkali disertai dengan menurunnya tingkat kesehatan masyarakat. Dinkes Asahan dan RSU Daerah H Abdul Manan Simatupang mencatat adanya peningkatan jumlah penduduk yang didiagnosa terserang penyakit Malaria Demam Berdarah Dengue (DBD).

Masih kata dia, untuk pencegahan. Pemkab Asahan telah melakukan langkah pasti berupa himbauan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus dalam penanggulangan DBD dan malaria dengan penyebarluasan informasi melalui spanduk dan baliho diseluruh Kecamatan melalui program 1 rumah 1 Kader Jumantik. 

Bupati Asahan Surya, juga mengatakan bahwa sesuai arahan Kemenkes RI tentang larangan penggunaan obat-obatan tertentu. Dinas Kesehatan secara aktif memberikan informasi dan himbauan kepada pengelola Apotek, Klinik Kesehatan maupun masyarakat luas untuk tidak menggunakan obat yang dapat menimbulkan gejalah penyakit Ginjal Akut.

Lanjutnya, untuk bidang infrastruktur. Pemkab Asahan telah menyusun penjadwalan yang ketat untuk menjaga kualitas proyek infrastruktur.

"Inspektorat selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) telah diminta untuk aktif melakukan review atas setiap tahapan penyelesaian pekerjaan, sehingga sedini mungkin dapat diketahui terjadinya kesalahan dan kelemahan dalam proses pelaksanaan proyek infrastruktur, "ujar Bupati Asahan Surya menambahkan.

Amatan awak media. Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Asahan Benteng Panjaitan dan dihadiri Anggota DPRD serta pejabat Pemkab Asahan. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini