Bupati Dairi Jajaki Jet Sky Dipusatkan di Silalahi

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM -  Bupati Dairi, Dr Ir Eddy Keleng Ate Begitu MA tengah menjajaki agar penyelenggaraan ajang internasional jet sky dapat dipusatkan didaerahnya yakni di Silalahi.

"Kita akan menyambut Jet Sky yang akan dipusatkan di Silalahi, itu menjadi bagian agenda besar kita pada bulan Oktober nanti, pasca F1 powerboat di Balige, kita ingin ambil peran disitu," kata Bupati Dairi kepada wartawan saat ditemui di stand UMKM Kabupaten Dairi di arena F1 powerboat, Danau Toba Kabupaten Toba, Kota Balige, kemarin.

Kenapa, Kabupaten Dairi cukup intens terhadap rangkaian agenda besar internasional tersebut, ujar Eddy KA Berutu, agar terjadi crowded khususnya di Dairi, karena ada banyak orang berkumpul dari berbagai tempat dan negara.

"Kayak disini (Balige), tentunya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) kita bisa tumbuh, nanti kita ajak semua," ucap Eddy didampingi Sekda Dairi, Budianto Pinem

Ajang internasional juga masuk agenda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi di tahun 2023, yakni untuk kegiatan olympiade matematika yang dianggarkan melalui APBD senilai Rp1 miliar.

"Olympiade Matematika ini akan kita adakan dibulan Oktober juga di Sidikalang. Jadi anak-anak dan orang tuanya dari berbagai negara akan datang," serunya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut dikhususkan untuk pendidikan setingkat sekolah dasar (SD dan SMP)."Sekarang ini anak-anak kita dorong belajar matematika nya," tambahnya.

Tidak hanya ajang internasional, sebut Eddy, Pemkab Dairi juga akan menggelar kegiatan lokal yang sudah cukup dikenal, seperti pesta juah-juah.

"Pesta Juah-Juah setiap tahun kita lakukan, karena itu pas ulang tahun kita (Kabupaten)," ujarnya kembali.

Kegiatan lokal lainnya yakni pesta tugu, ucapnya, juga dilaksanakan di Silalahi. Pesta tugu tersebut seperti biasanya akan dihadiri seluruh marga Silalahi diseluruh dunia."Mereka akan adakan pesta adat. Kita inginkan turis-turis juga datang, seperti halnya pesta-pesta adat di Bali itu menjadi pusat perhatian turis asing, kita berkeinginan seperti itu," tegasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Eddy KA Berutu, berkenaan dengan sejumlah event besar di Kabupaten Dairi, pihaknya juga telah menemui sebanyak 20 duta besar, termasuk dari Uni Emirate Arab (UEA), berupa penawaran paket-paket investasi di Dairi, termasuk untuk kepariwisataan.

"Saya undang mereka untuk buka hotel, mereka kan kaya-kaya. Juga saya ajak untuk sektor pertanian, energi, air dan pertamanya," paparnya.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini