Dukung Ekonomi Bangkit, PLN UID Sumatera Utara & Pemerintah Kabupaten Deli Serdang Resmikan Desa Berdaya PLN

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara melalui program PLN Peduli kembali hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan bantuan berupa pelatihan, pengembangan dan pemberdayaan di Desa Sialang, kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Peresmian Desa Berdaya dipimpin langsung oleh PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara bersama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Pihak Kecamatan Bangun Purba, Desa Sialang, Karang Taruna dan Forkopimda melaksanakan Peresmian Desa Berdaya PLN pada 12 Oktober 2023. 

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lubuk Pakam, Hiro Pingkir Pardede dalam sambutannya menyampaikan rasa senang dan bahagia karena dapat turut andil dalam memajukan lingkungan sekitar khususnya masyarakat desa sialang. 

“Kami (PLN) sangat senang bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat disini. Kami harap dengan adanya program desa berdaya ini semoga bisa meningkatkan kesejahteraan warga disini dan perekonomian juga makin meningkat”, ujar Hiro. 

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan oleh PLN UID Sumatera Utara pada program Desa Berdaya PLN di Desa Sialang ini dan Pemerintah juga mengharapkan agar warga dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan penghasilan yang tetap. 

“Kita mengetahui bahwa perwujudan kesejahteraan sosial menjadi tanggung jawab semua elemen, Kegiatan yang dilakukan oleh PLN ini merupakan wujud nyata implementasi Perusahaan bagi kelangsungan Hidup Masyarakat. Pemerintah Deli Serdang mengucapkan terima kasih atas bantuan program yang diberikan semoga akan berlanjut dan merambah ke desa-desa lainnya”, sampai Ashari. 

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan PLN berharap dalam 5 tahun ke depan, Program ini bisa sukses dan menghasilkan desa wisata bagi Desa Sialang sehingga tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dan berhasil. 

Sekilas Tentang Program Desa Berdaya PLN

Program Desa Berdaya PLN di Desa Sialang merupakan salah satu program dari PLN Peduli yang dilaksanakan oleh PLN UID Sumatera Utara dengan Baitulmaal Muamalat (BMM) sebagai pendamping pelaksanaan program. 

Pemberdayaan ditujukan untuk memperkuat perekonomian Desa Sialang dengan pengembangan ekonomi kreatif, lingkungan asri, pendidikan inovatif dan produktif dalam rangka mempertegas legalisasi status Desa mandiri dengan mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang Desa.

Bantuan Desa Berdaya diberikan dalam 3 aspek yaitu pendidikan, lingkungan dan Ekonomi. Pada Aspek Lingkungan, bantuan yang telah diberikan berupa pembuatan taman, penanaman pohon, pengembangbiakan/peternakan Maggot, pembangunan gudang kompos dan pendirian bank sampah. 

Pada aspek Ekonomi, bantuan yang telah diberikan berupa pelatihan dan modal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan dan Peternakan ikan Lele. 

Pada aspek pedidikan, bantuan yang telah diberikan berupa Bimbingan Belajar Bahasa inggris yang diharapkan dapat menciptakan kampung inggris, bantuan sarana dan prasarana sekolah serta beasiswa vokasi multimedia. 

Seluruh kegiatan yang diselenggarakan merupakan rantai pasokan yang dibentuk sehingga diharapkan biaya pengelolaan menjadi lebih murah seperti dari bank sampah akan menjadi makanan maggot kemudian maggot menjadi makanan ternak lele.

Di tempat terpisah, General Manager PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid mengatakan sebagai bagian dari salah tujuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN yang tertuang dalam SDG’s dalam hal ini pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, PLN berupaya mendorong masyarakat Desa Sialang melalui program Desa Berdaya untuk dapat tumbuh mencapai tujuan kesejahteraan bersama.

“Melalui program Desa Berdaya ini diharapkan mampu mendorong masyarakat Desa Sialang untuk tumbuh sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” tutup Awaluddin.(Ir/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini