KPU Utamakan Transparansi Perekrutan PPK

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengutamakan transparansi dalam perekrutan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 21 kecamatan se-Kota Medan.

Hal ini, ditandai dengan ditampilkannya nilai di papan pengumuman di luar ruang ujian nilai hasil Computers Assisted Test (CAT) di mana para peserta usai mengikuti tes calon PPK se-Kota Medan bisa langsung mengakses nilainya.

Ketua KPU Medan Agussyah Ramadhani Damanik didampingi Komisioner Edi Suhartono, M Rinaldi Khair, Nana Minarti dan Jefrizal kepada wartawan ketika ditemui usia meninjau peserta di PSI Fakultas Ilmu Komputer USU, Kamis (30/1/2020) mengutarakan ujian CAT ini, menjadi dasar kita untuk lebih baik lagi ke depannya.

"Kita pastikan semua semuanya berjalan dengan baik penuh semangat transparansi sehingga partisipasi publik dalam pilkada ini akan meningkat. Jadi transparansi merupakan semangat peserta ujian saat ini," paparnya.

Dikatakannya, pengumuman resmi perangkingan 10 besar hasil ujian akan dilaksanakan mulai, Senin 3 Februari hingga, Rabu 5 Februari 2020.

"Hasil ini juga akan sampaikan ke publik dan  kita akan upload ini di website. Jadi semuanya termonitor, terpantau, terkoreksi," tukasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, saat diumumkan resmi pada 3 Februari nanti dikoreksi sendiri dibandingkan, kalau tidak sesuai silakan dikomplain ke KPU Medan.

"Jadi calon PPK yang tidak hadir hari ini langsung dinyatakan gugur," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan komisioner Edi Suhartono, calon PPK yang tidak disiplin dinyatakan gugur seperti tidak ikut ujian sesuai jadwal, terlebih yang tidak hadir sama sekali.

Dikatakannya setelah diumumkan pada, 3-5 Februari mendatang KPU Medan meminta masukan dari masyarakat terkait 10 calon PPK tersebut. Setelah itu, KPU Medan akan mengelar pleno penetapan lima calon anggota PPK.

"Kita berharap ada respons dari publik terkait 10 calon ini. Kami tidak ingin calon yang dipilih nantinya memiliki track record yang buruk. Hendaknya sebelum masuk wawancara masyarakat bisa melaporkan ke KPU Medan," tegasnya.

Calon anggota PPK yang mengikuti ujian berjumlah 401 dibagi dalam 6 sesi. Persesi 80 orang.

"Kita perhitungkan waktunya sampai pukul 19.00WIB semuanya sudah selesai," paparnya dalam sesinya tidak semua calon PPK yang telah lolos berkas mengikuti ujian ini.

Kegiatan ujian CAT ini juga dihadiri Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap bersama anggota yang sejak ujian sesi pertama berlangsung sudah berapa di lokasi kepada wartawan dikatakannya, sejauh ini ia belum menemukan adanya sejumlah pelanggaran dan semua berjalan dengan baik dan transparan.

Juga tampak Komisioner KPU Sumut Ir Benget Silitonga yang langsung memonitor in ujian CAT ini. Ia menyambut baik seleksi model CAT yang dilakukan KPU Medan.

"Ada enam daerah yang menggunakan metode CAT dalam perekrutan PPK dari 23 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada di Sumut," ungkapnya. Untuk perekrutan penyelenggara ini diserahkan sepenuhnya pada KPU yang bersangkutan mau menggunakan metode apa dalam perekrutan, CAT atau yang manual ujian tertulis biasa. "Semua tergantung kesiapan anggaran di masing-masing daerah," jelasnya seraya mengutarakan belum ada aturan yang menegaskan dalam perekrutan PPK harus CAT.(Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini