Peringatan Bulan K3 Berlangsung di PLN - UIK Belawan

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan mengajak kepada seluruh pengusaha dan pekerja untuk memahami kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di lingkungan kerja.

"Sesuai dengan intruksi menteri, K3 ini bukan untuk pekerja tetapi berdampak kepada perusahaan, masyarakat dan lingkungan. Jadi, K3 ini dampaknya sudah sangat luas," ujar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Arief Trinugroho usai memimpin upacara peringatan K3 Tahun 2020 di PLN Unit Pembangkitan (UIK) Belawan, Rabu (26/2/2020).

Melalui peringatan bulan K3 ini, diharapkan agar semua pihak turut berpartsipasi, baik dari pengusaha maupun pekerja untuk melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing, serta membudayakan peningkatkan pengawasan menjadi salah satu upaya untuk menurunkan angka kecelakaan kerja.

"Kita ketahui, secara nasional, angka kecelakaan kerja menurun. Kita harapkan itu terus menurun khususnya di Sumatera Utara," kata Arief.

Disinggung soal kendala dalam penerapan K3 khususnya di Sumatera Utara, ia mengaku sudah diterapkan secara merata, hanya saja tingkat level yang berbeda. Ia kembali agar K3 harus benar-benar dipahami oleh perusahaan. "Makanya kita minta agar K3 ini benar - benar dilaksanakan sesuai dengan SPO-nya," katanya.

Sementara GM PLN-UIK Sumatera Bagian Utara, Bambang Iswanto mengaku, seluruh unit di PLN sudah memiliki sertifikasi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3). Selain itu juga, PLN Sumbagut telah memiliki sistem manajemen pengamanan (SMP).

"Kita di sini adalah objek vital nasional. Sejauh ini belum ada kendala dalam penerapan ini, seluruh unit dibawah UIK-SBU ini telah meraih penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yang baik," katanya.

Untuk unit kerja yang dijalankan, di seluruh sektor memiliki resiko tinggi, artinya bukan hanya di lapangan saja, tetapi di lingkungan perkantoran juga memiliki resiko tinggi. Oleh karena itu, safety pengamanan diterapkan di seluruh sektor.

"Jadi, penerapan ini akan meminimalisir potensi terjadinya gangguan kesehatan dan keselamatan kerja bagi seluruh pekerja yang ada di  seluruh unit di UIK-SBU," katanya.

Peringatan acara itu dilaksankan secara bersama di PLN-UIK Belawan dengan pemerintah Provinsi Sumatera Utara bertema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”. Turut hadir disana GM PLN Unit Induk Wilayah Sumut M Irwansyah Putra dan GM PLN Unit Induk Pembangunan Sumbagut Octavianus Padudung. (Irn/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini