-->

Bob Andika Mamana Sitepu Tampung Aspirasi Masyarakat Lereng Sinabung

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Bob Andika Mamana Sitepu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI Komisi V Fraksi PDI Perjuangan) asal daerah pemilihan (Dapil) Sumut III lakukan Reses aspirasi masyarakat lereng Gunung Sinabung di Desa Sukandebi Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo Sumatera Utara, Senin (9/3/2020).

Masyarakat beserta para lansia, Perangkat Desa se Kecamatan Namanteran dan Desa terdampak erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo menyambut hangat kedatangan Bob Andika Mamana Sitepu di balai pertemuan atau Losd Desa Sukandebi.

Turut hadir pada Reses Anggota DPR RI Fraksi PDIP ini Davit Cristian Sitepu Wakil Ketua DPRD Kab.Karo, Ir Nasib Sianturi Kepala Bapeda Kab.Karo, Paksa Tarigan Kadis Perumahan & Pemukiman, Edward Sinulingga Kadis PUPR , Hendra Mitchon Purba Kabid Bina Marga PUPR, Japet Bangun mewakili Camat Namanteran Kabupaten Karo.

Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi masyarakat, Pemerintahan Desa beserta Pemkab Karo untuk berkoordinasi, membahas persoalan yang membutuhkan dukungan dari Pemerintah Pusat.

Sebagai pokok pikiran (Pokir) yang akan di perjuangkan Ke Pemerintah Pusat antar lain Bantuan Program bedah rumah tidak layak huni di pedesaan seperti kawasan lereng gunung sinabung di nilai sebagai program skala proritas dalam penanggulangan kemiskinan dan pemulihan pasca bencana erupsi gunung sinabung.

Program bantuan bedah rumah tidak layak huni nantinya diharapkan,  "proses pendataan rumah tidak layak huni yang akan di usulkan harus benar benar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan SOP dari Kementrian  agar memenuhi syarat dan ketentuan di setiap desa terkhusus bagi masyarakat desa terdampak langsung erupsi gunung sinabung, sedikitnya 20 unit rumah per desa secara bertahap dan bersifat stimulan," jelasnya.

Aspirasi masyarakat dan Perangkat Desa yang di tampung pada Reses ini antara lain infrastruktur jalan desa, jalur evakuasi, drainase, air bersih, wisata desa dan Pembangunan Hunian Tetap Pengungsi Sinabung tahap ke-3 di Siosar.

Untuk Infrastruktur jalan dan drainase akan koordinasi dengan Dinas PUPR Kab.Karo. Masyarakat dan Perangkat Desa juga di minta untuk pro aktif agar usulan infrastruktur juga menjadi perhatian Pemerintah Pusat, pembangunan hunian tetap relokasi Siosar tahap ke-3 bagi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung  merupakan Program Pemerintah Pusat tentu akan menjadi perhatian baik percepatan maupun kualitas rumahnya", ujar Bob Andika Mamana Sitepu.

Pengembangan konsep wisata desa, pembangunan sarana air bersih, dan jalan usaha tani juga menjadi pokok pikirannya untuk menyuarakan sejumlah pesoalan dari masyarakat Kabupaten Karo.

"Perlu plot projeck untuk konsep sesuai program desa wisata dengan catatan masyarakat setempat secara bersama siap menerima dan pro aktif dengan program sadar wisata. Tanpa ada kesadaran masyarakat tentang wisata akan sia sia walaupun anggaran tersebut di kucurkan dari Pemerintah Pusat", tutupnya.

Bob Andika Mamana Sitepu SH sengaja memilih desa sukadebi, kec Namanteran, Kab.Karo untuk dikunjungi di agenda kerjanya ini sebagai bentuk amanah serta ungkapan rasa terimakasihnya atas dukungan masyarakat Kecamatan Namanteran Kab.Karo yang telah mendukungannya  dan  memberikan kepercayaan  kepada dirinya sebagai penyalur aspirasi sebagai legeslatif DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan priode 2019 - 2024.(SKR/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini