Cegah Wabah Coronavirus, Pertamina Buat 'tik tok'

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I membuat 'tik tok' edukasi healthy talk COVID-19 dalam tema #CegahWabahCoronavirus.

Kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran akan wabah Coronavirus (COVID-19) dengan konsep kekinian.

Demikian General Manager Pertamina MOR I, Gema Iriandus Pahalawan kepada wartawan ketika ditemui di Medan, Kamis (12/3/2020).

Video cuci tangan dan masker ditampilkan dalam kegiatan safety talk. Melalui media TikTok yang sedang tren, diharapkan para pekerja senantiasa ingat penggunaan masker dan cuci tangan yang baik.

Safety talk menghadirkan narasumber dr. Muntasir AB Sp.P(K), FISR dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Dokter Muntasir menjelaskan kepada pekerja dan mitra kerja Pertamina mengenai Coronavirus dan bagaimana cara mencegahnya.

Dikatakannya, melalui healthy talk ini pekerja diharapkan dapat melakukan tindakan pencegahan dengan meningkatkan kebersihan.

“Pertamina sudah mengambil langkah-langkah untuk pencegahan dan kewaspadaan virus Corona. Perusahaan sudah membentuk task force pencegahan infeksi COVID-19. Pekerja agar tetap melaksanakan tugas seperti biasa, namun tetap waspada dan menjaga kesehatan,” pesan Gema.

Bagi pekerja di kapal tanker pengangkut BBM, juga dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Bidang Pelabuhan, Perkapalan dan Kelautan. Khususnya terkait dengan awak kapal, penumpang, pemilik kapal, dan pemangku kepentingan yang terlibat di pelabuhan maupun terminal.

Peningkatan kewaspadaan pada pekerja perkapalan mengacu pada pedoman yang dikeluarkan WHO. Pencegahan yang dilakukan diantaranya adalah rajin mencuci tangan menggunakan sabun ataupun hand sanitizer yang mengandung alkohol. Menghindari memegang mata, mulut, dan hidung. Kemudian  menggunakan tisu ketika batuk ataupun bersin, serta menjaga jarak dengan orang yang sakit minimal satu meter.

Selain mengadaan safety talk, Pertamina MOR I melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Kualanamu juga menggelar “Blood Donor Day” di terminal kedatangan Lantai 1 Bandara Kualanamu, Rabu (11/2/2020). Kegiatan ini bekerja sama dengan PMI Medan yang memberi kesempatan kepada penumpang maupun petugas bandara untuk membantu sesama dengan mendonorkan darahnya.

“Dalam rangka membantu PMI Medan untuk mendapatkan donor, kami berinisiatif untuk menggelar kegiatan ini. Diharapkan baik penumpang ataupun petugas dapat mengikuti kegiatan ini bagi yang mau mendonorkan darahnya,” tutur Sukamto, Operation Head DPPU Kualanamu. ( Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini