Dukung Pemko, Pimpinan DPRD Medan Adakan Rapat Koordinasi

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Untuk mendukung upaya Pemerintah Kota Medan, dalam memaksimalkan penanganan pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), dalam waktu dekat seluruh pimpinan DPRD Medan (Legislatif) akan menggelar rapat koordinasi dengan Pemko Medan (Eksekutif).

Rapat koordinasi akan membahas pokok-pokok pelaksanaan penanganan pencegahan Virus Corona (Covid-19), dan anggaran yang dibutuhkan dalam memaksimalkan kegiatan tersebut.

"Karena ini namanya sudah wabah dan ditakuti dapat menulari dan membunuh banyak orang, maka nantinya seluruh pimpinan DPRD Medan, kita akan usulkan agar pos-pos anggaran yang tidak begitu perlu atau dinilai mubazir dialihkan saja untuk membantu masyarakat Kota Medan yang terdampak virus Corona (Covid-19) khususnya para pekerja paruh waktu (kerja pagi buat makan besok)," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H. Ihwan Ritonga, SE, MM, Sabtu (28/3/2020) melalui pesan WhatsAppsnya.

Dilanjutkan oleh Ketua TIDAR Sumut ini lagi, dampak wabah virus Coronavirus, mengharuskan pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yakni menghimbau seluruh warga masyarakat untuk meliburkan diri dan berdiam diri di dalam rumah. Termasuk meliburkan semua kegiatan kantor baik negeri dan swasta, mall, tempat hiburan, tempat wisata, dan lainnya yang tujuannya untuk memperkecil penyebaran wabah virus Covid19.

"Namun bagaimana dengan saudara-saudara kita yang bekerja pagi buat makan besok, dimana, masih banyak warga Kota Medan yang bekerja mandiri atau paruh waktu seperti, Ojek Online (Ojol ), penarik becak, pekerja bangunan, supir angkot, pembantu rumah tangga, dan pekerja harian lepas dan sebagainya, inilah yang juga perlu kita fikirkan," ujar politisi dari Partai Gerindra Medan ini.

Lebih lanjut tambah Ihwan lagi, selaku wakil rakyat, dirinya juga berupaya dengan berkoordinasi kepada pimpinan DPRD lainnya dan Pemko Medan bagaimana solusi dan langkah cepat yang terbaik, agar penularan virus Covid-19 segera dapat diatasi dan seluruh aktivitas warga masyarakat kota Medan dapat kembali normal.

"Sambil memanjatkan doa kepada Allah  SWT, agar pemerintah diberikan jalan keluar menuntaskan masalah ini, dan sambil bertindak cepat memutus mata rantai penyebaran Coronavirus (Covid-19). Saya juga menghimbau agar warga Kota Medan tetap mengikuti himabauan pemerintah agar sementara melakukan aktivitas dirumah saja, menunggu kondisi Kota Medan aman," sebutnya.

Senada dengan Ihwan Ritonga, anggota DPRD Medan yang juga Politisi dari Partai Gerindra, Dame Duma Sari Hutagalung berharap ada kebijakan Pemko Medan bagi warga masyarakat Medan yang hidup di bawah hidup kemiskinan, dampak himbauan pemerintah untuk merumahkan diri sementara waktu.

"Kita juga prihatin melihat saudara-saudara kita yang saat ini mengeluh ekonomi lantaran tidak bisa bekerja akibat ketakutan wabah virus corona, sementara kebutuhan mereka harus ada setiap harinya, inilah yang mendorong kiranya Pemko Medan bisa juga memikirkan dampak ekonomi masyarakat kecil yang bekerja mandiri cari makan pagi buat esok hari," terang Duma.

Kalau perlu, lanjut Duma, anggaran kegiatan anggota dewan seperti Sosper dan Reses dirubah dan dialihkan untuk membantu warga miskin yang membutuhkan akibat dampak dari virus Corona-19. (Moe/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini