Ini Lho... Tatacara & Jadwal Registrasi Mahasiswa Baru Unimed Jalur SNMPTN

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Bagi mahasiswa yang lulus jalur SNMPTN diharapkan segera  mempersiapkan dokumen Praregistrasi (Khusus Non-KIP Kuliah).

Demikian Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM dalam siaran pers kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

Dikatakannya, calon mahasiswa Unimed Jalur SNMPTN Tahun 2020 harus mempersiapkan dokumen dalam bentuk softcopy yang masing-mnasing filenya maksimal 100 kb dalam bentuk JPG yaitu sebagai berikut pertama kartu peserta SNMPTN tahun 2020, surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) dari SMA/SMK/MA (menyusul setelah pengumuman kelulusan mulai 5 Mei-10 Mei 2020), kartu Keluarga (KK), pasfoto berwarna ukuran 3x4, daftar penghasilan kedua orangtua (jika orangtuanya sebagai penerima upah/gaji), surat pernyataan penghasilan kedua orang tua (jika yang bukan penerima upah/gaji), bukti Pembayaran PBB tahun 2019 bagi status rumah milik sendiri, bukti pembayaran pajak seluruh kendaraan bermotor (untuk semua kendaraan bermotor yang dimiliki oleh anggota keluarga yang nama-namanya tercantum dalam kartu keluarga calon mahasiswa), bukti pembayaran listrik 3 (tiga) bulan terakhir, bukti Pembayaran Air Bersih (PAM) 3 (tiga) bulan terakhir bagi yang menggunakan PAM,surat pernyataan penghasilan orangtua (format dapat di download di laman http://bak.unimed.ac.id.).

Apabila data yang diisikan ternyata tidak benar/memanipulasi data, maka diberikan sanksi dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru.

Kemudian tahapan registrasi, di mana seluruh calon mahasiswa Unimed jalur SNMPTN 2020 wajib melakukan registrasi secara online mulai tanggal 9 April-4 Mei 2020 dengan mengisi/upload ke laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi, semua dokumen di atas (kecuali dokumen no. 2), dan surat pernyataan mematuhi peraturan akademik dan tata tertib kampus di Unimed (yang dapat di unduh di laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi, untuk kemudian mencetaknya serta menempelkan materai 6000 dan menandatanganinya serta menguploadnya kembali).

Mengupload Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) di laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi pada tanggal 5 - 10 Mei 2020. 
Kemudian pembayaran uang kuliah Di mana besaran uang kuliah dan jadwal pembayarannya akan disampaikan setelah registrasi tahap II melalui website resmi Unimed.

"Apabila calon mahasiswa Unimed tidak melakukan registrasi dan pembayaran uang kuliah sesuai jadwal di atas dengan alasan apapun, maka haknya sebagai mahasiswa Unimed dinyatakan gugur," tukasnya.

Adapun tatacara dan jadwal registrasi mahasiswa baru khusus calon penerima KIP Kuliah 2020 yakni Mempersiapkan dokumen praregistrasi di mana calon mahasiswa Unimed jalur SNMPTN (KIP-Kuliah) Tahun 2020 harus mempersiapkan dokumen dalam bentuk softcopy yang masing-masing filenya maksimal 100 kb dalam bentuk JPG.

Lalu kartu peserta dan/atau tanda bukti lulus jalur SNMPTN (KIP-Kuliah) tahun 2020. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) dari SMA/SMK/MA (menyusul setelah pengumuman kelulusan mulai 5 Mei-10 Mei 2020), Kartu Keluarga (KK), daftar penghasilan kedua orangtua (jika orangtuanya sebagai penerima upah/gaji), surat pernyataan penghasilan kedua orang tua (jika yang bukan penerima upah/gaji), bukti pembayaran PBB tahun 2019 bagi status rumah milik sendiri, bukti Pembayaran Pajak seluruh kendaraan bermotor (untuk semua kendaraan bermotor dimiliki oleh anggota keluarga yang nama-namanya tercantum dalam kartu keluarga calon mahasiswa).

Bukti Pembayaran Listrik bulan terakhir bagi yang menggunakan listrik PLN, bukti Pembayaran Air Bersih (PAM) bulan terakhir bagi yang menggunakan PAM, surat keterangan tidak mampu/miskin dari lurah/kepala desa tempat tinggal yang bersangkutan.

Selanjutnya, malakukan registrasi di mana seluruh calon mahasiswa Unimed jalur SNMPTN (KIP-Kuliah) 2020 wajib melakukan registrasi secara online mulai tanggal 9 April s.d 4 Mei 2020 dengan mengisi/upload ke laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi, semua dokumen di atas (kecuali dokumen no.3), dan surat pernyataan mematuhi peraturan akademik dan tata tertib kampus di Unimed (dapat di unduh di laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi, untuk kemudian mencetaknya serta menempelkan materai 6000 dan menandatanganinya serta menguploadnya kembali).

Mengupload Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) di laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi pada tanggal 5 - 10 Mei 2020. 

"Apabila pada waktu yang telah ditetapkan di atas, para calon mahasiswa Unimed tidak melakukan registrasi dengan alasan apapun, maka haknya sebagai mahasiswa Unimed dinyatakan gugur,"tegasnya.(Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini