UTBK-SBMPTN Dilaksanakan Juli 2020

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui surat edarannya nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang perubahan jadwal pelaksanaan UTBK 2020, secara resmi menyampaikan jadwal terbaru Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Negeri (SBMPTN) tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada Juli 2020.

Di mana, pendaftaran UTBK dan SBMPTN 02 – 20 Juni 2020 dan pelaksanaannya digelar 05- 12 Juli 2020. Sedangkan pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020.

Demikian Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum kepada wartawan, Selasa (7/4/2020).

“Ya, kami telah menerima surat edaran dari Ketua LTMPT Prof Mohammad Nasih tentang perubahan jadwal UTBK dan SBMPTN melalui surat edaran pada 6 April 2020,” ujarnya.

Rektor mengatakan, akibat wabah virus corona atau Covid-19, sebelumnya LTMPT juga sempat menunda pelaksanaan UTBK-SBMPTN. Namun LTMPT memutuskan untuk tetap menyelenggarakan UTBK dan SBMPTN 2020.

“Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya Covid-19 dan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 yang dilakukan penundaan, maka pendaftaran UTBK dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan,” kata Runtung mengutip surat edaran LTMPT yang diketuai Prof Nasih.

Sesuai dengan surat edaran LTMPT, kata Runtung, ada beberapa catatan penting seputar perubahan aturan main dalam SBMPTN dan UTBK 2020 yakni Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS). Setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes.

Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan SBMPTN akan tetap dilaksanakan dengan waktu dan mekanisme baru sesuai dengan protokol kesehatan dan penanganan corona.

“SBMPTN, untuk masuk perguruan tinggi itu kan mau gak mau harus melakukan karena anak-anak harus masuk perguruan tinggi,” kata Nadiem dalam jumpa pers secara online di Jakarta, Selasa (24/3/2020) lalu.

Nediem menyampaikan metode SBMPTN yang sedang dirumuskan oleh Kemendikbud seperti metode rolling. Metode rolling dimaksud yaitu mengatur jadwal pelaksanaan SBMPTN dan UTBK 2020.

"Pelaksanaan SBMPTN jalan terus mengikuti sesuai protokol kesehatan yang sebaik mungkin. Jadinya, sudah pasti masuk perguruan tinggi itu akan jalan terus tapi mungkin dengan mekanisme dan rentang waktu yang sedikit berbeda. Seleksi masuk perguruan tinggi itu tergantung pada SBMPTN. Mau tak mau kita harus melaksanakan itu,” tambah Nadiem. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini