-->

Akhyar: Waspadai Orang Tak Pakai Masker

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi me-warning seluruh warga Kota Medan agar senantiasa mewaspadai orang-orang yang tidak menggunakan masker. Sebab, tidak tertutup kemungkinan orang-orang tersebut lah yang akan menularkan  Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Sekarang waspadai orang tidak pakai masker, sebab tidak tertutup kemungkinan dia lah yang menjadi sumber penularan Covid-19. Untuk itu jika ada orang yang mendatangi kita tidak memakai masker, lebih baik disuruh pergi saja,” kata Akhyar di acara baksos pembagian 300  paket untuk warga Lingkungan IV, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat di RS Lion Jalan Amir Hamzah, Rabu (6/5/2020).

Diungkapkan Akhyar, pemakaian masker sangat penting guna memutus mata rantai penularan Covid-19 di tengah-tengah masker. Itu sebabnya pemakaian masker wajib dilakukan pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Pasalnya, masker sangat membantu sebagian besar droplet (percikan) yang akan keluar untuk menularkan Covid-19 karena tertahan dengan masker tersebut.

Terkait itu, jelas Akhyar, baik warga yang sakit maupun sehat wajib memakai masker, terutama saat melakukan aktifitas di luar rumah, termasuk berada di tempat umum. Selain mengenakan masker, Akhyar juga mengingatkan agar warga lebih baik berada di rumah saja. Kemudian selalu melakukan physical distancing yaitu memberi jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain dan rutin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Dihadapan 300 warga, Akhyar selanjutnya mengungkapkan, penularan Covid-19 di Kota Medan saat ini sudah terjadi melalui orang-orang terdekat. Disebutkannya, ada beberapa kasus penularan Covid-19 yang terjadi akibat suami menularkan kepada istri atau sebaliknya. Begitu juga ayah atau pun ibu yang menularkan kepada anaknya.

Menyikapi hal itu lah, Akhyar mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menghadapi Covid-19.  Ditegaskannya,  pemerintah tidak bisa memutus  penyebaran Covid-19 tanpa dukungan penuh seluruh masyarakat. Oleh karenanya Akhyar berharap agar mematuhi seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. “Insya Alllah dengan kebersamaan, kita mampu mengatasi Covid-19,” ungkapnya.

Di kesempatan itu Akhyar menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Lion 307 A2 yang telah memberikan bantuan berupa beras dan mie instan bagi warga di seputaran RS Lion di Jalan Amir Hamzah. Apalagi 300 warga yang mendapatkan bantuan itu merupakan warga kurang mampu dan paling terdampak dengan Covid-19.

“Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemko Medan, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan pihak Lion. Semoga bantuan yang diberikan ini memberikan manfaat bagi warga sekitar,” ujarnya.

Kemudian Akhyar kembali mengingatkan warga, bantuan seperti ini tidak bisa dilakukan terus menerus. Diterangkannya, pasca merebaknya Covid-19 saat ini menyebabkan perekonomian dunia babak-belur. Sebagai upaya mengatasinya, jelasya, mata rantai penyebaran Covid-19 harus diputus. Salah satu upaya yang paling efektif memutusnya, tegasnya, menggunakan masker. “Jadi tidak ada lagi warga Kota Medan yang tidak memakai masker, terutama saat berada di luar rumah!” tegasnya.

Penyerahan bantuan dilakukan Akhyar secara simbolis kepada 5 orang warga didampingi Gubernur Distrik Lion 307 AS Syafii Salim. Proses pembagian bantuan juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya physical distancing. “Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat. Saya yakin dengan kebersamaan, kita mampu menghadapi musibah ini,” ujar Syafii Salim.

Setibanya di lokasi, Akhyar didampingi Kasatpol PP Kota Medan H M Sofyan, Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring, Kabag Tapem Ridho Nasution, Kabag Humasy Arrahman Pane, Camat Medan Amplas Edi Mulia Matondang beserta jajaran langsung  memeriksa pengendara yang tidak menggunakan masker serta mengecek suhu tubuh dilakukan oleh petugas puskesmas Kecamatan Medan Amplas.

Hingga pemantauan ini berlangsung, masih dijumpai beberapa warga belum menyadari pentingnya menggunakan masker seperti halnya pengendara mobil, sepeda motor maupun penumpang angkutan umum. Selain itu, ada warga yang terdeteksi memiliki suhu tubuh 38 C, mendapati hal tersebut petugas mengambil tindakan dengan cara meminta warga tersebut untuk memutar balik atau kembali ketempat asalnya.

Akhyar menyampaikan bahwa penggunaan masker saat ini sangat penting. Masker dapat meminimalisir penyebaran Virus Corona yang kini merebak di Kota Medan. Pesan ini disampaikan Akhyar kepada  pengguna jalan yang tidak mengenakan masker serta yang diberhentikan petugas.

"Kita harus disiplin mengenakan masker karena masker dapat menghindarkan kita dari terpapar Virus Corona karena menggunakan masker menjadi salah satu upaya efektif untuk mencegah virus tersebut masuk ke tubuh kita" jelas Akhyar.

Selanjutnya, Akhyar juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Medan yang telah berperan aktif memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Medan. Akhyar juga mengimbau kepada masyarakat yang belum menggunakan masker agar apabila melakukan kegiatan diluar rumah kiranya dapat menggunakan masker demi keselamatan kita bersama.
"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah sadar akan pentingnya menggunakan masker, dan buat masyarakat belum menggunakan masker kiranya dapat menggunakannya apabila beraktivitas diluar rumah," ucap Akhyar.(Moe/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini