Disdukcapil Dan TP. PKK Asahan Salurkan 1.152 KIA

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Asahan telah menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 1.152 Keping.

KIA tersebut diserahkan langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Ny. Titiek Sugiharti Surya yang didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, MPd yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dra. Purnama Sari.

Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dra. Purnama Sari kepada wartawan, Rabu (13/5/2020).

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan jemput bola terhadap penyerahan KIA dan pembuatan KIA dinana telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan dalam menjalankan program #GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan dengan melaksanakan kegiatan jemput bola dalam pembagian dan kepengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) tersebut.

Kartu Identitas Anak diperuntukkan bagi anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan.

Tujuan dan Manfaat Kartu Identitas Anak, untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“KIA untuk usia anak 0 sampai 5 tahun, tanpa foto dan KIA untuk kelompok usia 5 – 17 tahun dengan foto”terangnya.

Adapun jumlah KIA yang telah dibagikan tersebut yakni 327 keping Di Desa Pasiran, 584 Keping Di Desa Sei – Alim Hassak Kecamatan Sei – Dadap, Dan Kelurahan Siumbut Umbut Baru Kecamatan Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan 241 keping. (SBB/MSC)





Share:
Komentar

Berita Terkini