Kadisdik Ilyas Sitorus: Manfaatkan Dana BOS Untuk Mendukung Proses Belajar Daring & Pencegahan Pandemi Covid-19

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus
usai melakukan pembagian sembako bersama Kepala UPTD SD se Kecamatan Nibung Hangus kepada 107 siswa siswi yatim piatu dan orangtua siswa siswi yang secara ekonomi butuh perhatian di saat Pandemi Covid-19 yang bersamaan dengan bulan suci Ramadhan 1441 H melanjutkan kunjungan kerja ke UPTD SMP Negeri 3 Nibung Hangus, Sabtu (16/5/2020).

Setibanya di lokasi sekolah Ilyas dan rombongan disambut Kepala UPTD SMPN 3 Nibung Hangus Edy Syahputra dan langsung melakukan cuci tangan bersama dengan air mengalir yang telah di sediakan sekolah dalam kaitan pencegahan Wabah COvid-19..

Pantauan awak media Edy terlihat memberikan arahannya kepada beberapa guru. Sementara Kadisdik dan rombongan mengamati sekokah dan ruangan kelas. Tak lama kemudian Edy mengajak Kadisdik memasuki Aula SMP N 3 yang sekejab waktu semua guru dan tenaga pendidik sudah berada di Aula SMPN 3 tersebut.

Dalam pertemuan singkat tersebut kepala UPTD SMPN 3 Nibung Hangus Edy Syahputra langsung memandu acara dengan ucapan selamat datang Pak Kadisdik dan rombongan, senang hati kami, Pak Ilyas dan rombongan bisa melihat kami yang di ujung timur Batu Bara ini. Kami bangga dan senang sekali Pak Kadis sudah tiga kali singgah ke sekolah kami.

Edy juga dalam sambutannya menyampaikan sekilas tentang sekokah yang dipimpinnya bersama tiga orang tenaga pendidik ASN dan di bantu 23 orang tenaga pendidik Non ASN serta tenaga kependidikan 4 orang ujarnya.

Sementara Kadisdik Ilyas dalam arahannya kepada warga sekolah mengharapkan terus kerjasamanya bersama kepala sekolah sebagaimana yang telah terjalin selama ini.

Ilyas mencontohkan salah satu kebersamaan di sekolah ini adalah dari sisi kebersihannya, saya tadi keliling dari ruangan keruangan lainnya tidak menemukan selembar kertas yang terjatuh atau de daunan dari pohon sekitar bangunan sekolah ini begitu juga dengan pasir di lantai. Sampai saya katakan ke Pak Sekretaris Disdik dan rombongan lainnya *"ini sekolah terasa di rumah"* sehingga kami bersama melepas alas kaki seketika akan menginjakkan kaki awal memasuki teras dan kelas. Papar Kadisdik Ilyas saat mengawali sambutannya.
Kadisdik Batu Bara, Ilyas mengatakan saat ini kita menunggu kebijakan Kemendikbud terkait apakah awal tahun ajaran baru juli 2020 mendatang peserta didik dan tenaga kependidikan kita sudah dapat melakukan kegiatan proses belajar mengajar seperti biasa yaitu dengan tatap muka atau tetap belajar daring yang sudah 8 minggu kita lakukan bersama.

Ilyas menambahkan bahwa Kemendikbud masih mengkaji model pembelajaran yang akan diterapkan apakah melalui daring atau tatap muka kembali. Oleh karenanya kita harus lebih memantapkan persiapan kita sejak saat ini dengan pengalaman yang sudah kita lalui lebih dari delapan minggu yang lalu sejak pertengahan Maret 2020 lalu, ilyas yakin dengan semangat kebersamaan kita dan dukungan dari kepala sekolah bapak ibu bisa melakukan inovasi dan lebih kreatif lagi apalagi dari sisi usia semua masih enerjik, masih kepala dua dan tiga secara umum, puji Ilyas.

Lebih lanjut Kadisdik Batu Bara,Ilyas mengatakan "Kepala sekolah harus berinovasi dalam menjalankan fungsi supervisi atau pembinaan kepada guru untuk memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar telah dilakukan oleh guru dan peserta didik meskipun menggunakan metode jarak jauh (daring)".

Kepala sekolah juga dapat memberikan solusi dan motivasi kepada guru di sekolah, sehingga guru-guru yang belum siap memanfaatkan media daring dapat disupervisi dan diberi solusi.

Ilyas juga menyampaikan sebagaimana harapan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP bahwa tenaga pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan dapat selalu melakukan inovasi pendidikan sebagai upaya menghadapi pandemi covid-19, agar proses pendidikan tetap berjalan dengan baik dengan cara peserta didik kita dapat efektif belajar dirumah, dan disisi lain antisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Batu Bara agar dapat berjalan efektif dibutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk dari keluarga besar Disdik Batu Bara.

Sampai saat ini belum dapat dipastikan setelah berakhirnya masa himbauan pemerintah termasuk himbauan Bupati Batu Bara nantinya tanggal 29 Mei 2020 apakah akan diperpanjang atau tidak. Namun yang pasti pemda, sekolah, dan pendidik harus siap dengan segala kemungkinan, dan selalu berinovasi mencari solusi disetiap permasalahan pendidikan, mari kita diskusikan bagaimana solusi yang terbaik jika suasana belajar tanpa tatap muka masih berlanjut setelah liburan Juli nanti, pungkas Ilyas.

Mari kita berdo'a bersama semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir dan mendapatkan hikmah dan pelajarannya, pungkas Ncekli Safaan akrab Kadisdik Batubara, Ilyas Sitorus.

Ilyas juga berharap sekolah dan guru berperan aktif agar penghentian proses belajar tatap muka di sekolah terkait wabah corona tidak membuat siswa justru bermain ke luar. Ilyas meyakini, jika dijalankan dengan baik maka belajar dari rumah ini dapat mengurangi atau memutus matarantai penyebaran virus corona COVID-19.
"Kalau ini bisa efektif (pembelajaran dari rumah), Ilyas yakin akan mengurangi banyak sekali mobilitas para pelajar dan diyakini mengurangi penyebaran COVID-19”, mengingat kita baik guru dan peserta didik ada dimana-mana tinggalnya, mulai dari pinggiran desa sampai di tengah perkotaan baik kota kecamatan maupun kota kabupaten" ujar Ilyas.
Lalu, bagaimana agar pembelajar di rumah dapat berjalan efektif? Tanya Ilyas kepada peserta tenaga pendidik yang ikut dalam silaturahim Kadisdik dengan keluarga besar UPTD SMPN 3 Nibung Hangus Kabupaten Batu Bara.

Kebijakan Mas Mendikbudri, Nadiem Makarim terkait pemanfaatan dana BOS bahwa kepala UPTD sekolah diperkenankan menggunakan dana BOS sebagai kegiatan operasional guru dengan memberikan surat penugasan kepada guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di rumah sesuai dengan kelas atau mata pelajaran yang diampu guru melalui berbagai media online, juga pembiayaan untuk pencegahan Pandemi Corona Virus ( COVID-19 ), papar Ilyas.
.
Hadir pada kesempatan tersebut selain Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus, tampak juga Sekretaris Disdik Darwinson Tumanggor, Kabid Dikdas Irwansyah, Kasi PTK Dikdas Rahmad Zein, Kasi Pembinaan Peserta Didik Hasbullah dan Ketua Kepala UPTD SMPN 3 Nibung Hangus, Edy Syahputra serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan UPTD SMPN 3 Nibung Hangus.(Rel/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini