Warga Sidomukti Kisaran Positif Covid-19

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Seorang warga Kabupaten  Asahan merupakan Inisial L (43 th) Jenis Kelamin Perempuan Warga Kelurahan Sidomukti,Kecamatan Kota Kisaran Barat  dinyatakan positif Covid-19 .

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten  Asahan H. Rahmad Hidayat Siregar, S.Sos, MSi , Senin (22/6/2020),menjelaskan dari data yang diterimanya, pasien adalah warga Kelurahan  Sidomukti, yang dirawat di RS. Vita Insani Pematang Siantar.

Lebih lanjut Rahmat Hidayat menjelaskan bahwa pada tanggal 4 Juni 2020. Pasien datang berobat ke salah satu RS Swasta di Kisaran, Asahan, dengan gejala demam lebih 7 hari disertai batuk. Pasien menjalani rawat inap selama kurang lebih 6 hari. Pada tanggal 9 Juni 2020, pasien pulang atas permintaan sendiri.

Pada tanggal 9 Juni 2020, pasien atas inisiatif sendiri berobat secara mandiri ke RS Vita Insani Pematang Siantar dengan gejala demam dan batuk kembali.

Pada tanggal 10 Juni 2020, oleh pihak RS Vita Insani dalam pencegahan Covid-19 pasien dilakukan pemeriksaan Rapid Test Covid-19 dengan hasil reaktif, sehingga langsung dirujuk ke RSUD Djasmen Saragih Pematang Siantar dengan status PDP rawatan..

Pada tanggal 11 Juni 2020, pihak Surveilans Dinkes Kota Pematang Siantar menginformasikan / berkoordinasi tentang Pasien tersebut kepada Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dikarenakan beralamat KTP Asahan. Dan pasien dalam perawatan secara intensif dan dalam status PDP di RSU Djasmen Saragih Kota Pematang Siantar.

Pada Tanggal 12 Juni 2020, dilakukan pengambilan Spesiemen pertama dengan cara Swab melalui Nasofaring kepada pasien tersebut. Srlanjutnya pada tanggal 18 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan Spesiemen Swab kedua melalui Nasofaring kepada pasien tersebut.

Pada tanggal 20 Juni 2020, berdasarkan Informasi dari Dinkes Kota Pematang Siantar, pasien dinyatakan meninggal Dunia pada Pukul. 18.00 Wib waktu setempat dan Almarhumah dikebumikan di Pekuburan Sidomukti Kisaran dengan menerapkan Protokol penanganan Covid 19.

Pada tanggal 21 Juni 2020, Dinas Kesehatan  Kabupaten  Asahan berdasarkan koordinasi dengan Dinkes Kota Pematang Siantar  mendapatkan  Informasi mengenai hasil Laboratorium pasien An. L (43 th)  dengan Hasil Positif secara Swab Nasofaring.

Pada Tanggal 22 Juni 2020, Dinas Kesehatan Kab. Asahan menindaklanjuti hasil pemeriksaan laboratorium ( Swab ) positif dari kasus diatas, dengan melaksanakan pemetaan / Screening Seluruh Kontak Erat Resiko terpapar dari Kasus dimaksud melalui Puskesmas Sidodadi Kec. Kota Kisaran Barat Kabupaten Asahan.

Informasi rencana Rapid test terhadap kontak erat dimaksud, akan disampaikan selanjutnya.

Melalui Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 Rahmat Hidayat Kembali menghimbau Kepada Masyarakat untuk tetap memegang Teguh Protokol Penanganan Covid 19 dengan tetap Memakai Masker, Hindari Keramaian, Cuci Tangan Pakai Sabun dan sering berolah raga serta tetap jaga Kesehatan.

Hidayat  mengatakan, untuk data Covid-19 di Asahan, untuk yang positif bertambah menjadi 9 orang, dengan pembagian 4 orang masih di rawat, tiga orang sembuh, dan 2 orang meninggal dunia. Sedangkan PDP sebanyak 2 orang.(SBB/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini