Banyak Dosen positif Covid-19, USU Kembali "Lockdown" Sepekan

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM -;Banyaknya dosen positif Covid-19 Bahkan meninggal dunia, Universitas Sumatera Utara (USU) kembali melakukan penutupan kampus (lockdown).

Kebijakan ini tertuang dalam surat edaran Rektor USU  nomor 6877/UN5.I.R/SPB/2020 tertanggal 24 Juli 2020.

Demikian Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum didampingi Kepala Humas dan Protokoler USU Elvi Sumanti kepada wartawan, Jumat (24/7/2020).

Dalam surat yang ditandatangani Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum tertanggal 24 Juli 2020 dijelaskan, penutupan kembali kampus ini, mulai Senin (27/7/2020) sampai Minggu (2/8/2020),  berdasarkan masukan dari Majelis Wali Amanat (MWA) mengingat semakin banyaknya dosen yang positif terpapar Covid-19.

“Bahkan ada yang sampai meninggal dunia, maka untuk mengantisipasi demi keselamatan kita bersama USU mengambil kebijakan penutupan kampus USU dari seluruh kegiatan selama sepekan.

Dikatakannya, selama penutupan tersebut, aktivitas pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan USU akan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Daftar kehadiran dilakukan secara online.

“Langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen USU dalam melindungi keselamatan dan kesehatan warganya,” paparnya.

Sedangkan Kepala Humas dan Protokoler USU Elvi Sumantri mengatakan belakangan ini mereka memang sudah menerapkan berbagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

Mereka bahkan telah mengambil kebijakan dimana pegawai dan tenaga pendidik yang berusia diatas 45 tahun melakukan aktifitas dari rumah. Sedangkan yang berusia dibawah itu, bekerja dengan pembagian jam kerja.

“Kita berlakukan dengan sistem shift dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” paparnya sembari menyatakan surat edaran rektor ini ditujukan pada para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, dan Kadep/Kaprodi, serta Dosen Fakultas, Pimpinan Lembaga dan Unit Kerja, Kabiro, Kabag/KTU, Kasubbag beserta seluruh Tenaga Kependidikan di lingkungan USU.

Sebelumnya, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum, Wakil Rektor I Prof Dr Rosmayati dan Anggota MWA, terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri.

Terkait hal itu , seluruh pegawai dan staf Biro Administrasi USU dianjurkan melakukan rapid test dan swab di Rumah Sakit USU Medan.

Kepala Humas dan Protokoler USU Elvi Sumanti mengutarakan kita sudah anjurkan semua agar melakukan rapid test dan swab di RS USU.

"Khususnya yang sering kontak langsung dengan Rektor dan Wakil Rektor," ungkapnya sembari menyatakan bersamaan itu juga dilaksanakan penyemprotan disinfektan di Biro Rektor (Birek). (Irn/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini