-->

Pertama Kali Sejak 68 tahun, 981 Mahasiswa USU Diwisuda Daring

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Baru pertama dalam sejarah Universitas Sumatera Utara (USU), sejak memasuki usia ke-68 wisuda  dilaksanakan secara daring (dalam jaringan), namun tetap tidak mematahkan semangat para wisudawan untuk di wisuda. Termasuk, Rektor USU, Prof Runtung Sitepu dan jajarannya.

Wisuda daring periode III tahun ajaran 2019/2020 ini dilaksanakan, Senin (20/7/2020).

Adapun mahasiswa USU yang di wisuda sebanyak 981 orang yang terdiri dari, program doktor sebanyak 31 orang, program magister 154 orang, program magister dan pendidikan dokter spesialis 6 orang, program pendidikan dan dokter spesialis 16 orang, program pendidikan dan dokter gigi spesialis 15 orang, program dokter jenjang magsiter 21 orang, program profesi 151 orang, program sarjana 575 orang dan program diploma sebanyak 12 orang

“Suasananya agak mengharukan karena suasana gedung auditorium yang biasanya penuh sesak, penuh suka cita, tawa ria. Tapi, kali ini semua itu tidak kita saksikan, justru semua kursi di ruangan auditorium kosong melompong. Penyerahan ijazah kepada wisudawan tidak dilakukan rektor, tetapi oleh orangtua kepada masing-masing anaknya. Prosesinya bisa disaksikan di youtube,”kata Rektor USU, Prof Runtung Sitepu melalui pesan di Whatsapp grup, kemarin.

Dalam pidatonya, Rektor USU, Prof Runtung Sitepu mengatakan, meskipun di masa pandemic Covid 19, namun USU terus bergerak dan berkontribusi dalam penanganannya dengan melakukan beberapa hal yang menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Diantaranya, memberikan bantuan sembako kepada keluarga besar USU dan masyarakat yang membutuhkan serta bantuan dana pembelajaran daring bagi para mahasiswa.

Selain itu katanya, USU melalui Rumah Sakit USU juga melakukan berbagai upaya maksimal di tengah pandemi, yakni dengan memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien Covid-19. Rumah Sakit USU saat ini telah memiliki laboratorium Swab yang dilengkapi dengan 4 unit PCR untuk melakukan tes Swab bagi pasien Covid-19 dan memiliki ruang isolasi khusus bagi pasien positif Covid-19.

“Pada 8-12 Juni 2020 lalu, Rumah Sakit USU juga telah berkontribusi aktif terhadap penanganan dan antisipasi pandemi dengan menggelar rapid test massal gratis. Hingga saat ini, Rumah Sakit USU terus melakukan upaya-upaya penanganan Covid-19 bekerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun lembaga-lembaga lainnya,”paparnya.

Di tengah situasi yang kurang kondusif, lanjutnya, USU juga terus bergiat dan tidak berhenti dalam melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung tercapainya kegiatan pendidikan yang berkualitas, menciptakan lingkungan yang mendorong pertumbuhan inovasi dan kreativitas di kalangan mahasiswa dan akademisi, serta melahirkan berbagai kebijakan yang berpijak pada percepatan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi dalam berbagai aspek.

“Kampus USU yang ada di Kwala Bekala saat ini sudah dilengkapi dengan gedung baru Fakultas Kehutanan dengan berbagai fasilitas pendukungnya yang siap digunakan. Demikian pula dengan Wisma Internasional yang telah berdiri megah di area kampus Universitas Sumatera Utara Padang Bulan dan akan segera difungsikan sesuai dengan tujuan pendiriannya,” paparnya. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini