-->

Unimed Berangkatkan 4.178 Mahasiswa KKN

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Negeri Medan (Unimed) berangkatkan 4.178 mahasiswa peserta KKN secara online yang telah memenuhi persyaratan akan mengikuti Mata kuliah KKN yang akan dilaksanakan pada 11 Provinsi, 80 Kabupaten/Kota pada 688 Desa/Kelurahan melalui aplikasi Zoom pada, Selasa (28/7/2020).

Pemberangkatan dihadiri Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom MSKM MKes, Wakil Rektor I,II,III, Dekan di lingkungan Unimed, Ketua LPPM, Kepala Lurah/Desa beserta Dosen Pembimbing Lapangan.

Mahasiswa peserta KKN terdiri dari 51 Program Studi dari 7 fakultas yang dibimbing 295 dosen pembimbing lapangan yang dilaksanakan selama 1 bulan.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom MSKM MKes, menyampaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui kemitraan perguruan tinggi dengan pemerintah Desa/Kelurahan sebagai salah satu perwujudan Tridharma perguruan tinggi.

KKN mahasiswa tahun 2020 dilaksanakan bertepatan pada masa peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan Covid-19 di hampir di seluruh negara-negara di dunia termasuk Indonesia. Oleh karena situasi tersebut, maka lokasi KKN disesuaikan dengan domisili kampung halaman mahasiswa atau desa lain dengan alasan tertentu. Pada pelaksanaan KKN mahasiswa wajib mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Lanjut Rektor Unimed Dr Syamsul KKN sebagai proses pembelajaran bagi mahasiswa melalui berbagai aktivitas secara langsung di tengah-tengah masyarakat, dan secara aktif, kreatif terlibat sebagai bagian dari masyarakat. Keterlibatan mahasiswa KKN tidak hanya memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dari masyarakat, juga memberi pengaruh positif terhadap pengembangan optimalisasi potensi yang dimiliki desa, sehingga memberi warna baru dalam pembangunan masyarakat. Saya berharap kegiatan KKN ini dapat me-elaborasi berbagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat. Kegiatan KKN mahasiswa ini, kita harapkan bermanfaat baik dalam membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Drs Jamalum Purba MSi sebagai koordinator pusat KKN, PPL, dan Magang mengatakan tema KKN tahun ini adalah “Bersatu untuk negeri menghadapi pandemi Covid-19 melalui pembangunan desa” berdasarkan tema tersebut dapat di susun berbagai kegiatan antara lain mengembangakan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap mahasiswa berdasarkan bidang ilmu dalam menghadapi pandemi covid-19, mewujudkan desa binaan berdasarkan potensi yang dimiliki melalui kemitraan antara Unimed dan Pemerintah daerah, program kemanusiaan, program kesehatan masyarakat serta bakti sosial kepada masyarakat dalam mencegah pandemi Covid-19.

Berdasarkan tema dan subtema tersebut serta melakukan observasi dan berkoordinasi dengan kepala Desa/Lurah mahasiswa menyusun program kerja selama pelaksanaan KKN lokasi mitra dengan dosen pembimbing lapangan KKN masing-masing prodi. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini