6.903 Mahasiswa Baru Unimed Ikuti PAMB 2020 Secara Daring

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan kegiatan Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) Tahun 2020 secara live streaming Youtube Unimed Official di laman https://www.unimed.ac.id/live-streaming-pamb-2020 selama dua hari 4-5 September 2020 yang diikuti oleh 6.903 mahasiswa baru. 

Kegiatan PAMB ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai kegiatan akademik awal bagi mahasiswa baru.  

Kegiatan yang dibuka Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes, dihadiri seluruh pimpinan Unimed, dari Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketuan Lembaga, Wakil Dekan, Wakil Direktur dan Kepala Biro se-lingkungan Unimed, di Unimed Jumat (4/9/2020).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Drs Rahman Situmeang MPd mengatakan total peminat Unimed tiga jalur Tahun 2020 pada jalur SNMPTN sebanyak 17.285 orang, jalur SBMPTN sebanyak 25.272 orang dan jalur seleksi mandiri sebanyak 3.255 orang. Sehingga total peminat Unimed sebanyak 45.812 orang. 

Mahasiswa baru Unimed Tahun 2020 yang diterima SNMPTN sebanyak 1.275 orang, SBMPTN sebanyak 3.327 orang dan jalur seleksi Mandiri sebanyak 2.301 orang, sehingga total mahasiswa baru tahun 2020 sebanyak 6.903 orang. PAMB Unimed dilaksanakan secara daring selama dua hari, hari pertama perkenalan tingkat Universitas dan pada hari kedua diserahkan kemasing-masing fakultas. 

Dalam sambutan pembukaan, Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes mengucapkan selamat atas kelulusan dan diterima sebagai mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021. 

"Semua lulus sebagai mahasiswa baru Unimed, melalui seleksi yang ketat dengan tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri diawal masa studi ini, hal penting yang harus diperbuat yakni merubah maindset diri kalau saat ini bukan lagi siswa, tetapi saudara sudah melangkah menjadi mahasiswa.

"Semua merupakan harapan masa depan bangsa yang diharapkan keluarga agar melalui Unimed kampus The Character Building University, anda menjadi calon pemimpin masa depan bangsa yang mampu membawa perubahan menuju Indonesia maju," tukasnya.

Prof Dr Syawal Gultom MPd, dalam orasi singkat tentang “pembelajaran di perguruan tinggi”, menyampaikan 4 hal penting kepada mahasiswa baru agar sukses studi dalam menggapai masa depan, di antaranya  yang pertama way of thinking (mengubah cara berpikir), para mahasiswa baru harus bisa merubah maindset, dari cara beripikir sebagai siswa menjadi cara berpikir seorang mahasiswa, yakni yang high order thinking skills, critical thinking, communication Skill, creativity and Inovation. Kedua way of working bagaimana kita berkolaborasi, bekerjasama dan komunikasi. Kemudian yang ketiga adalah the tools of working yang berkaitan dengan literasi dan wawasan kebangsaan, keberagaman dan yang keempat adalah living in the world berkaitan dengan kesejahteraan, kepedulian, beradaptasi dengan lingkungan dan bagaimana mengembangkan karakter. 

"Dosen Unimed siap mencetak saudara mahasiswa baru semua menjadi generasi-generasi baru yang unggul, berprestasi dan berkarakter, maka banggalah menjadi mahasiswa Unimed," paparnya.

Dalam kegiatan PAMB secara Daring hari pertama ini di isi berbagai kegiatan yakni memperkenalkan pimpinan Unimed, menayangkan pidato singkat Mendikbud, testimoni dua mahasiswa baru, orasi singkat dan pengenalan tupoksi Wakil Rektor, sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara, radikalisme dan pelecehan seksual dari tim Poldasu, Sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika dari BNN Sumut, dan pengenalan Senat Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Unimed. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini