-->

Dukung Internasionalisasi Kampus, USU Revitalisasi Wisma Internasional

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) merevitalisasi sejumlah aset salah satunya Wisma Internasional guna mendukung internasionalisasi kampus.

Wisma ini akan menjadi tempat tinggal para dosen dan mahasiswa luar negeri yang tengah mengajar dan belajar di kampus ini.

Demikian Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum kepada wartawan ketika ditemui saat meninjau Wisma Internasional USU usai peresmian di Jalan Universitas Medan, Rabu (9/9/2020) sore.

Dikatakannya, renovasi wisma yang berbiaya sekitar Rp 5-7 milyar akan dilengkapi ruang pertemuan, lobby, ruang olahraga, kolam renang dan cafe ini agar membuat betah para dosen atau mahasiswa internasional yang beraktivitas di USU.

Dikatakannya, selain wisma ini, USU juga telah merevitalisasi sejumlah aset kampus lainnya seperti Mess USU Brastagi, mess Tambunan, asrama mahasiswa menjadi hostel, Rumah Sakit USU, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) dan lainnya.

Kedepannya, ungkapnya, USU akan membangun Sport Center, Covention Center dan merevitalisasi asrama mahasiswa.

"Untuk rancangan gambar bangunan dan penganggaran sudah disiapkan. Tinggal ditenderkan. Pembukaan tender pembangunan aset USU senilai ratusan milyar ini akan dilaksanakan Rektor USU yang baru nanti," ungkap Rektor sembari mengungkapkan masa jabatannya sudah mau berakhir.

Ia sengaja tidak menenderkan pembangunan ini untuk menghindari fitnah seolah olah ia melakukan ini semua untuk mengejar keuntungan karena jabatannya sudah mau selesai.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan, untuk renovasi asrama mahasiswa menjadi hostel berbiaya Rp30 milyar. Di mana berdasarkan konsultan pembangunan, biaya ini bisa dihemat menjadi Rp25 milyar tetapi dengan pemenuhan barang dan fasilitas hostel yang akan berisi 100 kamar diperkirakan berbiaya Rp5 milyar. Dengan revitalisasi asrama ini akan bermanfaat di samping mahasiswa juga bagi keluarga pasien RS USU, dan keluarga mahasiswa yang akan menghadiri wisuda anaknya dan masyarakat luas lainnya.

Peresmian Wisma Internasional ini ditandai dengan pengguntingan pita yang dilaksanakan Rektor USU didampingi sekretaris MWA USU Prof Guslihan, para Wakil Rektor, Dekan dan lainnya. Bersamaan itu juga dilaksanakan penandatanganan prasasti yang dilanjutkan dengan peninjauan ruangan wisma yang dahulunya merupakan wisma pariwisata.(Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini