Panwaslu Medan Area Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Medan Area menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat dalam rangka  Pilkada Kota Medan 2020 yang digelar di Hotel Grand Antares Medan, Senin (21/9/2010). 

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat ini diikuti sekitar 50 peserta yang berasal dari tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan perwakilan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas ) di Kecamatan Medan Area.  

Hadir sebagai nara sumber diantaranya M. Khairul Ikhwan dari akademisi, dan tiga komisioner Panwaslu Kecamatan Medan Area, Abdul Manan (Ketua/Koordiv OSDM Data dan Informasi), Muhammad Ismet (Koordiv HPPS) dan Oktavianus Parlindungan Sitinjak (Koordiv PHL). 

Dalam sambutannya Ketua Panwaslu Kecamatan Medan Area, Abdul Manan menyatakan, tujuan terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan khususnya pada Pilkada Kota Medan yang digelar 9 Desember 2020.

"Salah satu indikator pemilihan berkualitas  adalah adanya keterlibatan partisipasi masyarakat baik dalam pengawasan maupun dalam memberikan hak pilihnya. Seperti kita ketahui bersama, pilkada saat ini berbeda dengan pilkada sebelumnya, dimana tahapan pilkada saat ini berlangsung di tengah Pandemi Covid-19," sebut Manan. 

Menurutnya, Pilkada Kota Medan 2020 secara tidak langsung akan mempengaruhi situasi batin masyarakat Kota Medan. Ini bisa berdampak erat dengan peran serta masyarakat mengawal berbagai tahapan pilkada.

"Peran masyarakat tidak hanya di hari H pemungutan suara tapi di seluruh tahapan. Namun kita harus tetap menjaga keselamatan dan kesehatan melalui kepatuhan kita bersama dalam menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu mari kita sama-sama menjaga agar Pilkada Kota Medan 2020 tetap berkualitas dengan keikutsertaan partisipasi semua warga khususnya di Kecamatan Medan Area,” jelas Manan. 

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Camat Medan Area, Hendra Asmilan, Wadanramil 04-MK, Kapten K. Sidabutar, Kepala Sekretariat Panwascam Medan Area, Ahmad Khaidir serta Pimpinan Bawaslu Kota Medan, Raden Deni Atmiral yang juga ikut memberikan pengarahan sekaligus menutup kegiatan sosialisasi tersebut. 

"Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan pencerahan kepada kita semua akan pentingnya keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kota Medan 2020 baik dalam pengawasan tahapan Pilkada maupun dalam memberikan gak suara, " tutup Raden.(Rel/MSC) 


Share:
Komentar

Berita Terkini