-->

Hari Ini, Mulai Pelipatan & Sortir Surat Suara Pilkada Medan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan melaksanakan kegiatan serimonial pelipatan surat suara Pilkada Medan di gedung Andromeda eks Bandara Polonia Medan, Selasa (17/11/2020).

Kegiatan ini dihadiri Penjabat (Pj) Walikota Medan Arief Tri Nugroho bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para komisioner KPU Kota Medan serta Bawaslu Medan sekaligus meninjau gudang logistik Pilkada Medan yakni kotak suara dan tinta yang sudah tiba terlebih dahulu.

Seremonial ini sekaligus dimulainya tahapan pensortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan sebanyak 125 orang.

"Ini adalah satu tahapan menjelang Pilkada (2020) yaitu mensortir dan melipat surat suara untuk nanti Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan yang direncanakan pada 9 Desember 2020 nanti. Jadi kita bisa saksikan bersama tadi mulai hari ini sampai dengan lima hari ke depan," ujar Pj Walikota Medan Arief Tri Nugroho kepada wartawan, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya, untuk kegiatan pensortiran dan pelipatan ini berlangsung mulai 17 - 21 November 2020. Ia menekankan kegiatan pelipatan ini tetap harus mengindahkan ketentuan protokol kesehatan Covid-19.

"Jika tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan tidak memakai masker dan cuci tangan dan menjaga jarak tidak boleh masuk ke kawasan ini," paparnya sembari menyatakan hanya petugas sortir dan pelipat surat suara yang berada di lokasi. Para petugas terlebih dahulu menyortir surat suara guna melihat kondisi surat suaranya. Yang rusak atau cacat dipisahkan.Ia berharap pendistribusiannya tepat waktu ke TPS.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Medan, Edy Suhartono didampingi Komisioner Zefrizal serta Sekretaris Nirwan menegaskan hari ini dilakukan sortir dan lipat pada 1.643.175 lembar surat suara yang dicetak sebanyak jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap  (DPT) yakni 1.601.001 pemilih ditambah 2,5 persen cadangan menjadi 1.643.175 lembar melibatkan sebanyak 125 pekerja.

"Pelaksanaan hari ini, di gedung ini kita laksanakan sortir dan lipat surat suara dengan protokol kesehatan, ini menjadi salah satu komitmen kita dengan tahapan-tahapan, juga dipastikan sampai nanti selesai baru surat suara dimasukkan ke kotak suara," paparnya

Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap menekankan pada tahapan ini tetap mengingatkan mengikuti ketentuan pemerintah terhadap protokol kesehatan harus dipatuhi 125 pekerja dan petugas dilokasi.

"Yang penting sama kita ikuti aturan, dan jangan ada handphone dibawa ke lokasi," tegasnya. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini