-->

Partisipasi Pemilih Pilkada Medan 60 Persen, KPU Imbau Tunggu Hasil Rekap Berjenjang

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengharapkan masyarakat Kota Medan tetap menunggu hasil penghitungan berjenjang yang dilakukan penyelenggara pemilu guna mengetahui pemenang Pilkada Medan 2020.

Demikian Ketua KPU Medan Agussyah Ramadhani Damanik didampingi Komisioner Zefrizal, Nana Miranti, M Rinaldi Khair, Eddy Suhartono menanggapi hasil quick count (hitung cepat) yang dilakukan sejumlah lembaga survei memenangkan salah satu paslon kepada wartawan ketika ditemui di gedung KPU Medan, Rabu (9/12/2020) sore.

Ia berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Medan yang pada hari ini sudah menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing.

"Terkait hasil kami minta masyarakat kota Medan berbagai elemen itu untuk bersabar karena KPU sebagai penyelenggara itu patuh pada peraturan terkait hasil Pilkada dan akan patuh dengan mekanisme yang telah dibuat KPU RI melalui Peraturan KPU (PKPU) nomor 19 tahun 2020 tentang rekapitulasi hasil perolehan suara.

"Karena itu, saya kira berdasarkan PKPU 19 tahun 2020 itu rekapitulasi tetap dilakukan secara berjenjang setelah di TPS maka nanti akan direkap di tingkat kecamatan itu dimulai dari Kamis (10/12/20) sampai Senin (14/12/20)," ungkapnya seraya menyampaikan setelah hasil kecamatan selesai baru kemudian rekapitulasi secara berjenjang naik ke atasnya, dilanjutkan di tingkat Kota Medan.

Rekapitulasi di tingkat KPU Kota Medan akan dimulai dari Minggu (13/12/20) sampai Kamis (17/12/20).

"Rekapitulasi mulai 13 -17 Desember 2020 berdasarkan PKPU 5 tahun 2020 tentang program tahapan dan jadwal pemilihan walikota dan wakil walikota Medan," paparnya.

Lebih lanjut disampaikannya, KPU akan mengumpulkan hasil rekapitulasi itu di rentang waktu 13-17 Desember 2020.

"Sekali lagi kita semua bisa bersabar dengan hasil yang sesungguhnya. Meski KPU Medan juga memiliki aplikasi hitung cepat "Sirekap" berdasarkan PKPU nomor 19/2020 hanya sarana publikasi dan alat bantu. Karenanya hasil resminya tetap melakukan rekapitulasi secara berjenjang yakni TPS Kecamatan dan kota," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Medan juga menyampaikan dari hasil monitoring di sejumlah TPS se-Kota Medan secara umum situasi pemungutan suara berjalan kondusif.

"Kami melihat partisipasi pemilih pun cukup baik dan meningkat dari Pilkada Medan lima tahun lalu" ungkapnya sambil menyampaikan dari pantauannya sekitar pukul 10.00WIB sudah 60 persen pemilih menyalurkan suaranya ke masing-masing TPSnya.

Para pemilih datang ke TPS, ungkapnya dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Setelah dilaksanakan penghitungan suara di TPS, selanjutnya hasil pemungutan suara dan kotak suara dari TPS akan dikirim ke PPS kelurahan setempat, selanjutnya sore itu juga kota suara akan dikirim di masing-masing Kecamatan se-Kota Medan.

Dari pantauannya, KPU Medan juga melihat pemilih semuanya dilayani dengan suara yang tersedia.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan ada 11 pasien Covid-19 yang juga mencoblos hari ini.

Di tempat terpisah, Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap juga menyatakan Pilkada Medan 9 Desember 2020 ini berjalan lancar dan kondusif.

Dalam monitoringnya Bawaslu Kota Medan di Dapil I Kota Medan belum ada menemukan pelanggaran. "Semuanya berjalan lancar. Belum ada laporan permasalahan," paparnya sembari mengimbau kepada masyarakat saling mengawasi hasil Pilkada Medan. Masing-masing paslon harus memperkuat saksi-saksinya di lapangan.

Ia juga mengimbau semuanya agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dalam melakukan pemantauan di lapangan.

Sementara itu, berdasarkan hasil Sirekap KPU Medan hingga update pukul 18.41, hasil penghitungan sementara yang masuk baru 74 TPS dari 4.303 TPS pasangan nomor urut 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi masih unggul 50,3 persen sedangkan pasangan nomor urut 2 Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman 49,7 persen. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini