Pemkab Karo Peringati Hari Kesaktian Pancasila 2020

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pendemi Covid-19, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH bersama Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono Sik, Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto S.Sos, memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 dengan khitmat dan sederhana.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini lewat nonton bareng siaran langsung yang ditayangkan stasiun televisi nasional dari Monumen Pansasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur, Kamis (1/10/2020) sekira pukul 08.00 WIB, di ruang KCC Kantor Bupati Karo.

Menurut Terkelin Brahmana, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 ini, Pemda Karo tidak dapat melaksanakan upacara secara resmi, mengingat masa pandemi Covid-19.

“Hal ini, bukan mengurangi makna dan semangat dalam memperingatinya tahun ini, sebab sejarah mencatat, Pancasila adalah dasar negara yang tak boleh diubah oleh siapapun,” kata Terkelin Brahmana.

Disamping itu Terkelin berpesan kepada masyarakat, agar memahami sejarah bangsa dan bagaimana Pancasila sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Apalagi Pancasila pun pada hakekatnya merupakan suatu jalan pikiran dan dasar falsafah hidup bangsa Indonesia, yang terdiri dari Kebhinekaan. Sehingga tahun ini mengusung tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 adalah Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila,” jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Karo Iriani Br Tarigan menuturkan bahwa "Pancasila sudah final, tidak boleh ada yang mencoba mengutak-utik apalagi mengganti dengan ideologi yang lain dan bertentangan."

Demikian juga yang di sampaikan oleh Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto S.Sos dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono Sik, "dalam rumusan the Founding Father Indonesia telah sepakat menjadikan Pancasila sebagai pemersatu dari karagaman suku, adat dan budaya sebagaimana tercantum dalam Bhineka Tunggal Ika".

“Maka sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga Pancasila. Tidak sekedar menghafal tetapi juga mengamalkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini