-->

Perbaikan Maintenance, Rekapitulasi di Tingkat Kelurahan Ditunda

Editor: mediaselektif.com author photo

 MEDIASELEKTIF.COM - Di hari pertama, rekapitulasi penghitungan suara hasil Pilkada Medan dari hasil penghitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilaksanakan di 21 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Medan menggunakan aplikasi Sirekap web terpaksa ditunda.Karena ada maintenance sehingga penghitungan suara rekapitulasi hasil Penghitungan TPS untuk sementara ditunda.

Demikian Komisioner KPU Kota Medan Divisi Teknis M Rinaldi Khair didampingi Zefrizal kepada wartawan ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/12/2020) malam.

"Rencananya, malam ini atau Jumat (11/12/2020) pagi rekapitulasi tingkat kelurahan dilanjutkan," ungkapnya sembari menyatakan malam ini KPU Medan beserta 22 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada akan melakukan zoom meeting terkait pengitungan menggunakan aplikasi Sirekap ini.

Dikatakannya, sesuai PKPU nomor 19/2020 dan pedoman petunjuk teknis (juknis) 611 merupakan Sirekap web merupakan alat bantu penghitungan suara di tingkat kecamatan. Hal ini untuk memudahkan penghitungan suara di tingkat Kelurahan hingga kecamatan bahkan KPU.
Namun karena tiba-tiba ada maintenance di Sirekap web maka proses rekapitulasi terpaksa harus ditunda.

"Padahal jika Sirekap web ini berjalan baik tidak lama penghitungan suara ini satu hari bisa siap," ungkapnya sembari meminta seluruh PPK berkoordinasi dengan help desk KPU Medan.

KPU Kota Medan akan melaporkan hal ini kepada KPU Sumut.
Karena ini bermasalah maka KPU Medan akan melakukan penghitungan secara manual.

"Keputusan menggunakan Sirekap atau tidak akan diperoleh malam ini," ungkapnya sembari menyatakan proses penghitungan tingkat kecamatan akan selesai 14 Desember 2020.

Dikatakan, KPU Medan menargetkan proses penghitungan suara ini akan berlangsung selesai selama dua hari. Bahkan bisa satu hari jika Sirekap web berjalan lancar.

"Jadi dengan ada penundaan ini, tidak membuat molor penghitungan suara di tingkat kelurahan dan kecamatan yang dilaksanakan di masing-masing kantor PPK. Kita sebelumnya menargetkan proses penghitungan suara di tingkat kelurahan dan kecamatan ini selesai selama dua hari," paparnya.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan Naldi, info pemilu update Kamis (10/12/2020) sore pukul 18.00WIB sudah 35 persen suara TPS yang masuk ke Sirekap yakni 1.533 TPS dari 4.303 TPS se-Kota Medan.

Dari jumlah suara yang masuk ke Sirekap pasangan nomor urut 2 Bobby-Aulia memperoleh 52,5 persen suara sedangkan pasangan nomor 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi memperoleh 47,5 persen.

Pasangan Bobby-Aulia unggul di Kecamatan Medan Kota, Medan Sunggal, Medan Helvetia, Medan Polonia, Medan Baru, Medan Petisah, Medan Timur,Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Belawan, Medan Johor. Sedangkan pasangan Akhyar Nasution-H Salman Alfarisi unggul 10 kecamatan lainnya.(Irn/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini