Terapkan Prokes, UMSU Gelar Wisuda Marathon Selama 4 Hari

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mewisuda secara maraton 1.653 lulusan dengan protokol kesehatan dilaksanakan selama 4 hari dengan tujuh sesi, dimulai  Sabtu (19/12/2020) dan berakhir pada Rabu (23/12/2020) di aula Kampus Utama Jl Kapten Mukhtar Basri Medan.

Penerapan protokol kesehatan ketat sesuai dengan ketentuan pemerintah dan pedoman kesehatan PP Muhammadiyah dimulai dari pemeriksaan suhu tubuh saat memasuki kampus dan ruangan acara,  mencuci tangan dengan sabun dan wajib mengenakan masker serta face shield selama acara berlangsung. 

Para  wisudawan juga wajib menjaga jarak (social distancing) yang posisinya diatur di dalam ruang acara. Selain itu untuk menghindari kerumunan, peserta yudisium juga tidak didampingi orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Untuk  orang tua dan para kerabat peserta wisuda, panitia memyediakan fasilitas live streaming melalui youtube. Sementara peserta yang berada di luar kota mengikuti prosesi wisuda melalui zoom.

Rektor UMSU Assoc Prof Dr Agussani MAP memimpin langsung upacara wisuda, baik yang hadir maupun yang mengikuti wisuda secara virtual. Wisuda dihadiri langsung  Kepala Lrmbaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut ,Prof Dr Ibnu Hajar, WR I Assoc Prof Dr Muhammad Arifin Gultom MHum, WR II Assoc Prof Dr Akrim MPdI, WR III Dr Rudianto MSi, Sekretaris Universitas Gunawan MTh, Direktur Pascasarjana Dr Syaiful Bahri MAP dan para pimpinan fakultas .

Kepala LLDikti Sumut,  Prof Dr Ibnu Hajar yang turut hadir pada hari pertama wisuda, menyampaikan rasa bangganya kepada UMSU karena satu-satunya PTS yang melaksanakan wisuda selama 4 hari, sementara perguruan tinggi lain biasanya hanya setengah hari. "Wisuda UMSU luar biasa, jika di tempat lain wisuda paling lama satu hari, ini sampai 4 hari. Saya kira ini bisa jadi contoh menerapkan prokes," paparnya.

Prof Ibnu Hajar yakin lulusan  UMSU mampu bersaing, mengingat capaian prestasi yang diraih UMSU selama ini sebagai satu- satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera terakreditasi A dengan jumlah Prodi yang juga terbanyak terakreditasi A yakni 15 program studi.

Dengan kebesaran UMSU saat ini di Sumut, ia mengajak para lulusan untuk beradaptasi ke dalam perubahan zaman yang ditandai dengan Revolusi Industri 4.0. Dengan demikian mahasiswa dan lulusannya semakin diperhitungkan. 

Sebelumnya Rektor UMSU Assoc Prof Dr Agussani MAP menyampaikan ucapkan selamat dan permohonan maaf  kepada seluruh wisudawan beserta orang tua dan keluarga wisudawan karena harus mengikuti prosesi wisuda dengan protokol kesehatan.

“Atas nama pimpinan universitas dan seluruh civitas akademika UMSU, saya menyampaikan permohonan maaf, karena disebabkan kondisi yang masih pandemi Covid-19 maka acara wisuda ini kita gelar dengan penuh pembatasan, salahsatunya dengan tidak ada pendampingan orang tua. Tapi kita tetap berupaya untuk menyelenggarakannya secara maksimal, salah satunya dengan menayangkan wisuda ini melalui aplikasi zoom dan youtube,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pandemi Covid19 telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Perubahan yang terjadi membawa konsekwensi pada berbagai profesi dan bidang pekerjaan sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para lulusan.

Namun kepada para wisudawan dan wisudawati Rektor menyampaikan, keyakinananya seluruh ikhtiar yang telah dilalui para wisudawan/i semasa kuliah telah membentuk karakter, kompetensi, keilmuan dan keterampilan untuk mampu menciptakan dan memanfaatkan peluang sebagai momentum untuk bisa sukses dan memberikan manfaat serta kebanggaan bagi keluarga dan bangsa.

UMSU sendiri jelasnya, terus berupaya melakukan pembenahan dan peningkatan kualitas pendidikan.  Hasilnya L2Dikti Sumut memberikan kepercayaan kepada UMSU sebagai juara umum Monev Perguruan Tinggi dua tahun berturut-turut dan menjadi PTS satu-satunya yang terakreditasi A dari 216 PTS di Sumatera Utara.   

Rektor juga mengaku bangga kepada para lulusan yang mematuhi protokol kesehatan. Selain itu rektor mengucapkan selamat kepada para wisudawan, begitu juga masyarakat yang mempercayai anaknya menimba ilmu di UMSU. 

Wisuda kali ini menjadi momen istimewa bagi Rektor UMSU, Assoc Prof Dr AgussaniMAP karena diikuti juga oleh anak kandungnya, Dr. Ella Agustin yang lulus dari fakultas kedokteran dengan meraih predikat cumlaude dengan IPK, 3.95.

Adapun total jumlah 1.653 mahasiswa yang diwisuda selama empat hari berasal dari Program Pascasarjana sebanyak 87 orang, Fakultas Kedokteran 59 orang, Fakultas Teknik 166 orang, Fakultas Hukum 156 orang, Fakultas FKIP 356 orang, Fakultas FISIP 135 orang. Fakultas Agama Islam 107 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 401 orang, Fakultas Pertanian 169 orang. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini