Tiga Proyek UUP Jar Aceh Energize, Backbone Tol Listrik Sumatera Segera Terealisasi"

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara (UIPSBU) melalui Unit Pelaksana Proyek (UPP) Jaringan Aceh, kembali menuntaskan mega proyek sistem elektrifikasi di Aceh.

Realisasi dari pekerjaan berupa proyek Bay Line 2 arah Ulee Kareng 2 (OPGW) atau T/L 150 kV Ulee Kareng-Krueng Raya, Extention Gardu Induk (GI) 150 kV Ulee Kareng dan Bay Koupler GI 150 kV Krueng Raya (1x30 MVA) itu, resmi energize pada Kamis (10/12/2020).

General Manager PLN UIPSBU Octavianus Padudung kepada wartawan, Minggu (13/12/2020) yang menyaksikan secara langsung proses energize itu mengatakan, setelah proyek itu mendapat Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB), di hari yang sama, seluruh pekerjaan itu akhirnya tuntas.

"Kami bersyukur telah energize (memberi tegangan) dengan lancar dan aman pekerjaan ini pada Kamis kemarin," ucapnya.

Didampingi Manager UPP Jar Aceh, Khairizal, secara rinci Octavianus Padudung juga menjelaskan proyek sejauh 17,206 kms, terdiri dari 56 tower, konduktor 2x450 mm³. "Dengan selesainya proyek itu, berarti akan kembali terjadi perkuatan sistem Kelistrikan di Kabupaten Aceh Besar," sebutnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, proyek ini juga akan terintegrasi dengan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Ulee Kareng .

Proyek ini juga menjadi Backbone Tol Listrik Sumatera 275 kV. Nantinya juga, akan turut menyuplai listrik untuk Kawasan Industri Aceh (KIA), Pelabuhan Malahayati dan masyarakat di sekitar Krueng Raya.

"Terimakasih atas bantuan dari teman-teman di UIP Sumbagut dan UPP Jar Aceh sehingga bisa berjalan dengan baik," pangkasnya. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini