-->

RS USU Mulai Vaksinasi Tenaga Kesehatan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) mulai memvaksinasi 177 petugas tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit tersebut yang dibagi dalam beberapa sesi.

Hari ini sebanyak 45 tenaga kesehatan (nakes) mengikuti vaksinasi Covid-19 di Ruang Paviliun Sibayak RS USU, Rabu (20/1/2021). 

Pelaksanaan vaksinasi  dibuka Rektor USU Prof Runtung Sitepu diwakili Dirut RS USU Dr dr Syah Mirsa Warli SPU (K). Hadir dalam kesempatan itu Diryanmed dr Riyadh Ikhsan SpKK, dan Direktur Keuangan, Umum, SDM dan juga Kepala Lab dr Dewi Indah Sari Siregar. Hadir dr Lily SpA, sebagai dokter penanggungjawab KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Adapun pelaksanaan untuk vaksinasi ini, nakes melakukan pendaftaran di meja registrasi dan kemudian dilanjutkan dengan proses screening. Kemudian para nakes diarahkan ke ruang tunggu untuk melaksanakan vaksin yang terdapat dalam dua ruangan. 

Dalam sambutannya, Dirut antara lain mengungkapkan bahwa RS USU mendapatkan jatah 354 unit vaksin yang akan dibagi menjadi dua tahap yang akan diikuti 177 nakes. 

"Semalam sudah datang sejumlah 354 unit vaksin yang akan dibagi dalam dua kelompok. Dalam tahap ini ada 177 peserta yang melakukan vaksinasi di RS USU," ungkap Dirut. 

Dirut RS USU menuturkan, pelaksanaan vaksin ini akan dilakukan secara bertahap yang tahap kedua akan dilaksanakan pada 3 Februari 2021 mendatang. 

"Pelaksanaan ini dilakukan secara bertahap. Selagi vaksin masih ada kita akan tetap mempersiapkan semua pelaksanaan vaksinasi untuk nakes terutama civitas akademika USU dan juga masyarakat Sumut," ujarnya seraya menambahkan jika nantinya vaksin direncanakan akan disuntikkan kepada civitas alademika USU sehingga kegiatan tatap muka segera terlaksana. 

Dalam urutan kegiatannya, setelah nakes siap penyuntikan, mereka diarahkan untuk menunggu di ruang observasi untuk melihat kondisi dalam waktu 30 menit jika terjadi reaksi tubuh. 

"Para nakes ini akan diarahkan ke ruang observasi jadi paling minimal itu mereka menunggu selama 30 menit untuk melihat reaksi, tapi sejauh ini belum ada," paparnya. 

Dalam pelaksanaan Vaksinasi ini, RS USU membatasi 45 nakes per hari yang akan diperkirakan akan berlangsung selama 3 hari mendatang. 

Kedepannya, Dirur RS USU juga berharap agar pelaksanaan vaksinasi di RS USU dapat berjalan lancar. 

"Kita harapkan dengan vaksinasi ini pandemi ini dapat bisa kita lewati agar bisa menghadapi kegiatan secara normal. Dan juga Kita harapkan jumlah vaksin semakin banyak dengan menjadi sasaran kedua yaitu guru dan dosen. Sehingga kalau ini berjalan dengan baik, kita harap perkuliahan di RS USU bisa segera dilakukan secara tatap muka tidak lagi dengan online," pungkasnya. 

Para nakes juga tampak antusias untuk melakukan vaksinasi, di antaranya dr Riyadh Ikhsan yang mengaku senang setelah melakukan vaksinasi. 

"Vaksinasi untuk mencegah penyebaran. Insya Allah juga masih ada vaksin kedua nanti. Kalau untuk keraguan dan persiapan juga sama saja tidak ada persiapan khusus karena sebelumnya juga sudah baca Informasi mengenai vaksin ini," ucap Diryanmed RS USU. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini