-->

Gubsu Resmikan Pengoperasian Terminal Modern Tipe B di Kabanjahe

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi meresmikan pengoperasian Terminal Tipe B Kabanjahe di Kabupaten Karo, Selasa (16/2/2021). Terminal modern tipe B pertama ini diharapkan menjadi model percontohan di Sumatera Utara, baik transportasi maupun pengembangan agrowisata dan pertanian.

Terminal yang dibangun dengan luas lahan 6450 meter persegi ini terletak di Jalan Veteran, Kelurahan  Kampung Dalam, Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Fasilitas antara lain ruang loket bagi setiap perusahaan angkutan, ruang tunggu penumpang hingga tempat khusus ibu menyusui. Selain itu, gedung utama di bagian tengah juga menjadi kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perhubungan (PSPP) Kabanjahe, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut.

Menurut Edy Rahmayadi, Kabupaten Karo adalah daerah pertanian pemasok kebutuhan sayur dan buah hingga luar provinsi. Oleh karena itu, keberadaan terminal sangat penting.

“Seluruh masyarakat Karo saya berharap untuk tetap menjaga terminal ini, manfaatkan dengan baik. Masyarakatnya harus maju khususnya petani, karena suku Karo mampu memberi kehidupan bagi masyarakat sumatera utara” harap Gubsu dalam kata sambutannya.

Terminal Kabanjahe menjadi proyek percontohan sebab Kabupaten Karo adalah daerah penghasil sayur dan buah dengan pagelaran pesta hasil pertanian setiap tahunnya.

"Di sini tempat sayuran dan buah-buahan, dari dahulu sudah ada pesta buah dan bunga. Dengan itu orang datang kemari. Untuk itu perlu mengatur kondisi lalu lintas dan terminalnya," tutup Edy Rahmayadi

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH menyampaikan apresiasinya atas perhatian Edy Rahmayadi terhadap Kabupaten Karo. Dirinya selaku Pemerintah Kabupaten Karo juga berharap pembangunan tidak sebatas terminal tipe B, tetapi sarana lainnya seperti terminal angkutan desa modern yang mendukung pengembangan pertanian.

"Saya yakin perhatian Pak Gubernur begitu besar kepada Kabupaten Karo. Bahkan sejak beliau masih Pangdam I/BB, Pangkostrad sampai Beliau sekarang ini menjabat Gubernur," kata Terkelin.

Bupati Karo menambahkan, “Terbukti, dulu Bapak Edy Rahmyadi aktif membangun jembatan, mengurus penanganan Sinabung dan sekarang membangun terminal modern.” 

“Kami bersama masyarakat Karo juga ingin terminal antar desa yang berseberangan dengan terminal tipe B ini, juga bisa di bangun dengan modern,” harap Bupati Karo Terkelin Brahmana menutup kata sambutannya.

Peresmian Terminal Tipe B Kabanjahe ditandai dengan penandatanganan prasasti pembangunan oleh Gubernur, pengguntingan pita, penandatanganan spanduk putih di bagian pusat jajanan hingga peninjauan beberapa tempat di lokasi. Diakhiri dengan pelepasan angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP), pengeroperasian Terminal Tipe B Kabanjahe.

Turut hadir dalam Peresmian Terminal Modern Kabanjahe tersebut, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang dan Forkopimda Kabupaten Karo.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini