-->

Bawaslu Harap Hasil Pengawasan Pilkada Menjadi Objek Penelitian Ilmiah

Editor: mediaselektif.com author photo

 

MEDIASELEKTIF.COM - Bawaslu Sumut berharap hasil pengawasan Pilkada menjadi objek penelitian ilmiah.

Demikian anggota Bawaslu Sumut Herdi Munte saat kunjungan ke Universitas Darma Agung Medan, Kamis (18/3/2021).

Menurutnya,  kerjasama antara Bawaslu Sumut dengan perguruan tinggi tidak hanya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan demokrasi. Akan tetapi menjadi wadah diskusi ilmiah guna perbaikan pelaksanaan pemilu atau pemilihan kepala daerah.

"Apa yang sudah dikerjakan oleh Bawaslu dapat diteliti juga oleh masyarakat. Kampus menjadi mitra strategis dalam hal ini, terutama mahasiswa-mahasiswa yang akan melakukan penelitian. Bahan-bahan ada di Bawaslu," ujarnya.

Herdi juga menyampaikan terkait pengawasan partisipatif yang dilakukan Bawaslu. Pelibatan masyarakat dalam pengawasan sangat dibutuhkan, Bawaslu tidak cukup sumber daya untuk melakukan pengawasan. Oleh karena itu lembaga pendidikan menjadi strategis terutama untuk pemilih pemula dapat terlibat dalam pengawasan pemilu.

"Kami (Bawaslu) mempunyai keterbatasan. Karena itu sangat diharapkan keterlibatan masyarakat bersama sama mengawasi penyelenggaraan pemilihan," ujarnya.

Herdi yang merupakan Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sumut ini mengatakan, Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu dan pemilihan mempunyai tiga tugas. 

"Pencegahan, penindakan dan penyelesaian sengketa menjadi fungsi bawaslu yang diatur oleh undang-undang," ujar Herdi.

Rektor Universitas Darma Agung Jaminuddin Marbun merespon positif harapan Bawaslu. "Universitas Darma Agung sangat terbuka dan tertarik dalam melakukan penelitian terutama berkaitan dengan pengawasan pemilihan. Kami berharap diberikan modul-modul untuk menambah bahan penelitian," ujar Marbun. 

Senada, Wakil Rektor I Universitas Darma Agung Anshori Lubis menyampaikan bahwa UDA berkomitmen memberi peran di masyarakat. "Peran kampus sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat," tegasnya. (Ir/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini