Jelang Perkuliahan Tatap Muka USU, 2000 Dosen & Tendik Akan Divaksin

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Berkisar 2000-an dosen dan tenaga pendidikan (tendik ) Universitas Sumatera Utara (USU) akan vaksin Covid-19 sebagai persiapan pembelajaran tatap muka pada semester ganjil pada September 2021 mendatang.

Demikian Rektor USU Dr Muryanto Amin kepada wartawan di Kampus USU, Selasa (2/3/2021).

USU tengah mempersiapkan kuliah tatap muka kembali pada semeste‎r ganjil pada tahun 2021 ini yang akan berlangsung pada September 2021 mendatang.

"Bulan 9 kita akan membuka kuliah tatap muka. (Namun) sebelumnya kita siapkan perangkat untuk tatap muka dan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dan semua dosen sudah harus divaksin," ungkapnya.

Dikatakannya dalam pembelajaran tatap muka mendatang peruangan itu hanya boleh 20 orang. Seiring dengan itu kita juga akan membentuk Satgas Covid-19. 

"Kita siapkan fasilitas protokol kesehatan. Terpenting semua dosen harus divaksin," jelasnya.Lebih lanjut ia mengaku, sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Sumut untuk rencana melakukan vaksin terhadap dosen dan tenaga pendidikan di USU. "Bulan 3 atau bulan 4. Itu saya dapat kabar dari Satgas Covid-19," ungkapnya.

Begitupun, imbuh Muryanto, pihaknya harus mengambil kebijakan secara matang dan hati-hati. Jangan sampai, kuliah tatap muka ini menjadi klaster baru dan menjadi pemberitaan media sehingga menimbulkan dampak negatif.‎

"Kebijakan ini, masih kita pertimbangan secara matang-matang. Memang tidak bisa menggantikan belajar tatap muka. Tapi, daring banyak memberikan proses belajar baru kepada mahasiswa. Meski kelemahannya secara emosional antara dosen dan mahasiswa tidak terjalin," ungkapnya.

Di sisi lain, Muryanto juga menerangkan, total peminat SNMPTN USU 2021 sebanyak 34.086 orang. Jumlah itu meningkat dari tahun 2020 yang berjumlah 20.859 orang.

"Sementara untuk daya tampung adalah 2.133. Dengan rincian daya tampung Soshum 959, sementara saintek adalah 1.174. Sedangkan total peminat saintek adalah 22.763 orang dengan prodi peminat terbanyak adalah farmasi dengan 1.882 peminat," imbuhnya.

Untuk Soshum, lanjutnya, total peminat sebanyak 11.323 orang dengan prodi terbanyak adalah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 2.236 orang.

"Untuk peminat paling sedikit adalah fisika (saintek) dan sastra batak (soshum)," tandasnya.

Diinformasikannya juga, untuk total seluruh penerimaan mahasiswa baru 2021 melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri dan D3 adalah kurang lebih sebanyak 7.500 orang. (Ir/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini