Peduli Lingkungan, PTPN IV Tanam 1000 Pohon Mangrove di Madina

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Peduli akan lingkungan, Dewan Komisaris PTPN IV  melaksanakan penanaman 1000 bibit pohon mangrove di kawasan bibir pantai sepanjang 5 kilometer di Pantai Teluk Lalang Batang Laping Mandailing Natal (Madina), kemarin.

Kegiatan yang bertemakan "Jagalah alam, maka alam akan menjaga kita" diikuti para Dewan Komisi PTPN IV diwakili Osmar Tanjung, Arif Budiono dan Atas Wijayanto bersama manajemen PTPN IV yang diwakili SEVP II, Raja Johny Siregar bersama jajarannya seperti Masriefnal Muaz selaku GM Distrik III dan staf.

Menurutnya Osmar, tema kegiatan ini diangkat PTPN IV dalam rangka menjaga keutuhan ekosistem lingkungan hidup di kawasan ini.

Penanaman mangrove ini dimulai Kamis (18/3/2021) sampai sekarang, dilaksanakan dengan acara yang sederhana sembari berdoa memohon keridhoan Tuhan Yang Maha Esa. 

"Penanaman mangrove sebanyak 1000 pokok ini terlaksana atas dorongan Komisaris Utama Dahlan Harahap dan Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, penanaman mangrove ini merupakan titik awal akan kepedulian PTPN IV terhadap pelestarian alam dan lingkungan di wilayah sekitar perkebunan sawit ini.

Dipaparkannya, PTPN IV sangat menyadari dengan penanaman mangrove ini, banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat di Teluk Ilalang, Balap. 

Manfaatnya, ungkap Osmar antara lain, tanaman mangrove bermanfaat sebagai tempat pembiakan ikan dan kayunya dapat dimanfaatkan sebagai arang dan sebagainya.  

"Tanaman mangrove juga dikenal sebagai penahan ombak tsunami yang paling efektif yang acap terjadi di pantai barat Sumatera," paparnya sembari menyampaikan hutan mangrove juga dapat mencegah begesernya garis pantai ke daratan akibat abrasi laut.

Hal senada juga  disampaikan SEVP II PTPN IV Joni Siregar di mana dengan menanam mangrove yang didesain dan dikombinasi dengan pohon cemara laut dengan garis pantai sepanjang 5 km dapat menjadi tempat wisata mangrove di Mandailing Natal. 

"Apalagi daerah Balap terletak dekat Pelabuhan Teluk Tapang, Air Bangis, Pasaman Barat yang baru dibangun," tambahnya.

Dalam kesempatan itu juga disampaikannya, semoga dengan pembudidayaan mangrove ini, insan PTPN IV semakin sadar akan pentingnya menjaga alam dan lingkungan hidup sekitar. (Rel/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini