Serah Terima & Perjanjian Hibah Demaga Tongging Pemkab.Karo Dengan Ditjen Hubda Kemenhub RI

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubda) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyerahkan dokumen BAST (Berita Acara Serah Terima) Barang Milik Daerah (BMD) dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Karo selaku Pihak Pertama dengan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI selaku Pihak Kedua.

Aset daerah yang tertuang dalam BAST tersebut berupa tanah dan bangunan Pelabuhan Dermaga Tongging tertanggal 30 Desember 2020 telah dipertanggungjawabkan Kemenhub RI. Hal ini disampaikan Kepala BPTD Wilayah II Sumut, Batara, saat menyerahkan dokumen BAST kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Rabu (24/3/2021). Menurutnya penyerahan dokumen ke Pemkab.Karo sebagai pertanggungjawaban secara administratif.

“Sebab, sejak penyerahan aset ditandai BAST barang milik daerah terkait pengelolaan tanah dan bangunan serta Pelabuhan Dermaga Tongging menjadi tanggung jawab Ditjen Hubda Kemenhub,” jelasnya.

Sambung Batara, "menjadi prioritas pihaknya kedepan berkoordinasi dengan BODT (Badan Otoritas Danau Toba) agar ada konsep paket pariwisata dalam melayani tamu wisata lewat Dermaga Tongging."

Bupati Terkelin Brahmana, SH, MH, mengapresiasi pihak BPTD yang telah menyerahkan dokumen BAST sebagai arsip ke Pemkab Karo. Diharapkan ke depan Pemkab.Karo dan BPTD terus berkolaborasi dalam menata dan memajukan wisata Tongging menjadi pintu utama bagian sektor Utara kawasan Danau Toba menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara. Dan hal ini menjadi catatan nantinya ke depan bagi pemimpin selanjutnya.

“Semua itu membutuhkan kerja sama dengan pihak stakeholder, pemangku kepentingan lainnya dan Oemerintah setempat," katanya.

“Disini hadir ibu Wabup Cory Sriwaty Sebayang sebagai bupati terpilih yang menggantikan posisi saya. Jadi estafet kepemimpinan tidak buntu dalam memajukan parawisata Karo,” harap Terkelin Brahmana.

Wakil Bupati Cory Sebayang melanjutkan bahwa untuk kemajuan parawisata Tanah Karo lewat pengelolaan Dermaga Tongging, pihaknya siap mendukung sepenuhnya.

“Ini menjadi catatan bagi saya, bagaimana parawisata lebih dikagumi dan menjadi daya tarik seperti Dermaga Tongging yang merupakan salah satu pintu masuk berwisata ke kawasan Danau Toba,” jelasnya.

Sementara Kadis Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba, SH menuturkan bahwa secara tekhis dinasnya leading sektor, namun terkait dokumen BAST dan surat penyerahan aset akan disusun dan diserahkan ke BPKPAD Kabupaten Karo sebagai arsip.

Turut menyaksikan penyerahan dokumen tersebut Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Plt. Asisten I David Trimei Sinulingga, SH, Kepala Dinas Perhubungan Gelora Fajar Purba, SH, Sekretaris BPKPAD Luther Ginting, Kabag Jumas dan Protokoler Frans Leonardo Surbakti, dan jajaran Balai Transportasi Medan. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini