Bupati Asahan Hadiri Tanam Perdana PSR Antara PT BSP Dengan Gapoktan Sinar Lestari Desa Sionggang

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan menghadiri penanaman perdana peremajaan kelapa sawit  bersama PT Bakrie Sumatera Plantation (BSP) di Dusun IV, Desa Sionggang, Kecamatan Buntu Pane, Senin (19/4/2021).

Tanam perdana kemitraan memfasilitasi pembangunan kebun kelapa sawit masyarakat sebesar 20% dari luasan izin usaha perkebunan/hak guna usaha yang diperoleh sesuai Undang - undang no 39 tahun 2014 tentang perkebunan dan peraturan Pemerintah Nomor 26 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang pertanian yang merupakan turunan dari undang-undang omnibuslaw cipta kerja.

"Dari tahun 2020 sampai dengan tahun ini, capaian yang telah direalisasikan untuk program peremajaan sawit rakyat di lahan perkebunan rakyat seluas 825,8 hektar yang bersumber dari dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), "kata Kadis Pertanian Asahan, Oktoni Eryanto.

Oktoni Eryanto mengatakan BPDPKS untuk peremajaan kelapa sawit berada di Kecamatan Buntu Pane seluas 147,6 hektar, Kecamatan Aek Songsongan seluas 124,3 hektar, Sei Kepayang seluas 313,4 hektar, Kecamatan Simpang Empat seluas 99,9 hektar dan Kecamatan Bandar Pulau seluas 140,6 hektar diikuti oleh 2 Gapoktan serta 4 kelompok tani sesuai dengan rekomtek yang diterbitkan oleh Dirjenbun dan kesepakatan 3 pihak oleh BPDPKS, kelembagaan tani dan pihak perbankan.

Ia juga mengatakan untuk tahun 2021, Dinas pertanian Kabupaten Asahan memperoleh target seluas 1000 hektar yang lokasinya berada 9 Kecamatan yaitu Kecamatan Sei Kepayang seluas 130 hektar, Sei Kepayang Barat seluas 65 hektar, Kecamatan Simpang Empat 75 hektar, Kecamatan Aek Songsongan 80 hektar, Kecamatan Bandar Pulau 230 hektar, Kecamatan Tinggi Raja 70 hektar, Kecamatan Tanjung Balai 80 hektar, Kecamatan Buntu Pane seluas 100 hektar dan Kecamatan Bandar Pasir Mandoge seluas 270 hektar yang diikuti oleh 3 Gapoktan dan 9 kelompok tani.

"Pemkab Asahan sangat mendukung kegiatan kemitraan antara perusahaan perkebunan khususnya PT BSP dengan kelembagaan tani perkebunan rakyat dengan memanfaatkan dukungan dari program peremajaan sawit rakyat guna mendukung terciptanya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Asahan yang juga sesuai dengan visi dan misi dari Pemkab Asahan serta sekaligus menjadi contoh bagi perusahaan perkebunan lainnya agar segera melaksanakan kewajiban sesuai dengan amanat undang-undang dan peraturan yang berlaku, "ujar Kadis Pertanian Oktoni Eryanto menambahkan.

Sementara itu Bupati Asahan Surya menyampaikan bahwa Pemkab Asahan akan mendukung program peremajaan sawit rakyat (PSR) dalam meningkatkan kesehjahteraan masyarakat Asahan.

"Pemkab Asahan melalui Dinas Pertanian akan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Asahan dibidang produksi perkebunan buah sawit, "katanya.

Tanam Perdana Kemitraan Memfasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat Antara PT BSP TBK Dengan Gapoktan Sinar Lestari dihadiri Regional I Head PT BSP Edison Sembiring. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini