Bupati Asahan Pimpin Rapat Teknis Permusabaqahan Menghadapi STQH XVII Provsu

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ)  Sumatera Utara menggelar rapat teknis Permusabaqahan Menghadapi Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XVII Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Rabu (28/4/2021).

Rapat teknis yang diselengarakan di Pendopo rumah dinas Bupati Asahan dihadiri Ketua LPTQ Provsu, Bupati Asahan, tokoh agama dan sejumlah pejabat Pemkab Asahan.

"Rapat teknis ini untuk memantapkan hasil Raker terbatas LPTQ Sumut Tanggal 19 Januari 2021 di Kantor BPSD Provsu, memastikan kesiapan LPTQ Kabupaten/Kota dan Kafilah khusus mengikuti STQH  XVII Provsu Tahun 2021, "kata ketua LPTQ Provsu, Asren Nasution.

Selanjutnya, Asren Nasution mengatakan bahwa rapat teknis tersebut salah satu untuk melihat kesiapan Kabupaten/Kota (sesuai zona) sebagai tempat talent scouting ataupun mencari bibit potensial kafilah yang ada di kecamatan dan desa-desa di Kabupaten Asahan.

Sementara itu, Bupati Asahan merasa bangga dan gembira atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menjadi tuan rumah kegiatan yang mulia ini.

"Terima kasih kepada LPTQ Provsu yang telah memberikan amanah ini, walaupun situasi saat ini dalam kondisi pandemi covid 19 untuk mengembangkan Al -Qur'an, "ungkapnya.

Bupati Asahan Surya mengatakan jika melihat sejarah, bahwa MTQ yang pertama kali dilaksanakan adalah di Kabupaten Asahan, yaitu tepatnya di Kampung Bunga Desa Pondok Bungur, Kecamatan Pulo Bandring pada tanggal 12 Februari 1946, atau sekitar 6 bulan setelah diproklamirkannya Kemerdekaan Negara Indonesia.

Bupati Asahan juga menyampaikan peristiwa yang menjadi tonggak sejarah MTQ yaitu dilaksanakannya sayembara membaca Al-Qur'an di sebuah Masjid yang terletak di Dusun II, Desa Pondok Bungur yang sampai sekerang masjid tersebut dinamakan Masjid MTQ 1946. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini