Forkopimda Kabupaten Karo Tinjau Kawasan Danau Toba, Tindak Lanjut Verifikasi & Penertiban KJA

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Karo (Pemda Karo) menindaklanjuti Intruksi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, agar dilakukan penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) usaha perikanan disekitar kawasan Danau Toba. 

Bupati Terkelin Brahmana, SH, MH beserta Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus setyo Indriono, SH , SIK dan Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli eko Hadyanto dan Camat Merek Juspri Nadeak, meninjau langsung KJA di kawasan wisata Danau Toba Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (1/4/2021).

Dilokasi terdapat pendataan dari  masyarakat yang aktif mengelola KJA (Keramba Jaring Apung) ikan Nila dan ikan Mas total  458  KJA. Hasil survei ini akan menjadi atensi, dan catatan untuk pengurangan KJA, sebab daya tampung danau Toba  hanya mampu menghasilkan KJA usaha ikan 10.000 per/ton dalam setahun. Amanat ini juga sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Utara yang telah terbit dan Perpres Tahun 2014.

”Pengurangan KJA sudah sesuai amanah SK Gubernur Sumatera Utara nomor 188.44/213/KPTS /2017 tentang daya tampung beban pencemaran dan daya dukung Danau Toba dan Perpres 81 tahun 2014, harus memenuhi quota 10.000 per/ton,” jelasTerkelin Brahmana.

"Pemda Karo akan menyerahkan sepenuhnya tekhis penertiban kepada Forkopimda Kabupaten Karo yang mana pelaksanaan untuk verifikasi bulan April - juni 2021, sedangkan hari ”H” penertiban KJA dengan batas waktu, Juni - Desember  2021,” lanjutnya. 

Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengatakan akan menjalankan program Penertiban KJA ini, seterusnya sebagai Bupati Karo terpilih dalam menjalankan estafet kepimpinan yang baru.

"Tentu saat ini, saya akan membantu dan mendampingi Bupati karo Terkelin Brahmana, sebelum masa tugasnya berakhir," kata Cory S Sebayang.

Bersama selaku Forkopimda Kabupaten Karo mendukung program Pemerintah, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus setyo Indriono, SH, SIK dan Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli eko Hadyanto menyebutkan bahwa saat ini Masyarakat sekitar selaku pengelola KJA sangat akomodatif dalam penertiban KJA. 

"Polri dan TNI siap bersinergi dan bergandengan tangan dalam menjalankan visi misi program Pemerintah, agar kawasan Danau Toba menjadi objek wisata bertaraf internasional bebas polusi dan limbah kotoran pakan ikan. Hal ini, sekaligus mendukung sektor parawisata bagian utara Kabupaten Karo meliputi daerah kawasan wisata Tongging," tegas Kapolres besertq Dandim 0205/Tanah Karo.

Sebagian kalangan masyarakat pelaku usaha KJA, meminta kepada Pemerintah kiranya dapat memperhatikan nasib mereka dan mengusulkan kiranya dapat diberikan izin zonasi keramba KJA. Hal ini tentunya diharapkan warga pelaku usaha agar dapat sejalan dengan pengembangan zona pariwisata kuliner di kawasan Danau Toba. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini