Rektor Tinjau Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Unimed,  Peserta Naik 51, 44 Persen

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Sebanyak 21.134 peserta di Universitas Negeri Medan (Unimed) mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021, Senin (12/4/2021).

Jumlah ini meningkat sekitar 51,44 persen  dibandingkan dengan tahun lalu.

Demikian Rektor Dr Syamsul Gultom ketika meninjau pelaksanaan UTBK di FBS, Senin pagi.

Dikatakannya, daya tampung mahasiswa baru Unimed tahun 2021 ini terdapat 7.500 mahasiswa, dari tiga jalur tes yaitu SNMPTN yang telah dilaksakan sebanyak 20 persen sekitar 1.500 mahasiswa.

UTBK SBMPTN diterima 50 persen dari 7.500 yang berarti sekitar 3.750 mahasiswa dan nanti jalur mandiri nanti di bulan 6-7 proses pendaftarannya yang akan menerima sekitar 30 persen atau 2.250 mahasiwa baru.

Rektor didampingi Wakil Rektor Dr Restu MS, WR III Prof Sahat Siagian dan WRI V Prof Manihar Situmorang lalu Koordinator UTBK Unimed Dr Abil Mansyur MSi, Dekan FBS Dr Abdurrahman Adisaputera dan WD I FBS Dr Wahyu Triatmodjo. 

Rektor juga menjelaskan pelaksanaan UTBK di masa pandemik Covid-19 ini Unimed semua berjalan dengan lancar dan aman, panitia telah menerapkan standar dan protokol Kesehatan secara ketat diantaranya peserta wajib memakai masker, ketika memasuki ruangan peserta wajib di ukur suhunya, wajib mencuci tangan dengan air mengalir, dan setelah usai ujian diminta langsung pulang ke rumah dan tidak diperbolehkan berkumpul tanpa menjaga jarak. 

“Kami juga menyediakan hand sanitizer, masker cadangan, dokter, ambulan, rumah sakit mitra, dan keamanan. serta selalu melakukan penyemprotan disinfektan guna mensterilkan kembali ruangan sebelum dan setelah pelaksanaan ujian tes,” jelasnya.

Rektor mengatakan di masa pandemic covid-19 UTBK SBMPTN ada beberapa perubahan di antaranya sesi pelaksanaannya dalam satu hari hanya 2 (dua) sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi , dengan rincian perubahan waktu untuk sesi pertama Pukul 06.45 - 10.30 WIB dan sesi kedua Pukul 13.30- 16.35 WIB. Kecuali jumat di mulai 13.35-17.20. Jeda waktu yang ada akan digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan seperti seterilisasi ruangan dengan penyemprotan disinfektan.

Pelaksanaan tes UTBK akan dilaksanakan dalam dua tahap, yakni untuk gelombang pertama mulai tanggal 12 April-18 April 2021 dan untuk gelombang kedua dimulai pada tanggal 26 April - 2 Mei 2021. Untuk pengumunan UTBK pada 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB.

Rektor juga menyampaikan program studi yang banyak diminati di Unimed, di mana untuk peminat tertinggi PGSD dan disusul manejemen, pendidikan Biologi, pendidikan Bahasa Inggris dan akuntansi.

"Itu semua program studi yang banyak peminatnya di Universitas Negeri Medan," paparnya.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN dilaksanakan di 11 lokasi ujian yang telah bekerjasama dengan Unimed yakni PPs UMSU, UMA, UNPAB, UPU, MAN 1 Medan, SMKN 14 Medan, SMK S Tritech Medan, SMK S Al Fatah Medan, SMA S Teladan Medan dan SMK S Ar Rahman Medan. (Ir/MSC)




Share:
Komentar

Berita Terkini