-->

USU Buka Prodi DSAI, Digitalisasi Tantangan Mahasiswa & Dosen

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Saat ini USU telah membuka prodi baru yakni Prodi Data Science and Artificial Intelligence (DSAI) yang dananya berasal dari Erasmus.

Demikian Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin SSos MSi dalam pertemuan dengan Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Hari Budiarto, Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Medan Irbar Samekto dan jajaran di Ruang Rapat Rektor USU, kemarin.

Dikatakannya, yang menjadi tantangan bersama bagaimana agar mahasiswa dan dosen bisa familiar dengan layanan digital dalam melakukan aktivitas akademik. 

"Ini merupakan tantangan bagi kita semua, mengingat masih banyak dosen kita yang belum bisa dan belum mau menggunakan teknologi digital dalam kegiatan mengajar. Jadi, yang terpikir saat ini bagaimana agar dalam setiap mata kuliah ada 1 sampai 2 pertemuan yang khusus membahas tentang digitalisasi,”papar rektor seraya menyampaikan USU sedang dalam proses penataan program-program vokasi. 

Rektor didampingi Wakil Rektor IV USU Prof Dr Drs Opim Salim Sitompul, M Scb juga membahas kerja sama yang akan dilakukan antara Kominfo dengan USU dalam penyelenggaran Digital Talent Scholarship 2021 (DTS) serta menjajaki kerja sama lain yang bisa dilakukan antara kedua institusi.

Hari Budiarto menjelaskan program Digital Talent Scholarship merupakan program beasiswa pelatihan intensif bagi 100.000 peserta dari berbagai perguruan tinggi, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam menyongsong revolusi industri 4.0. 

Adapun tema yang akan diusung dalam DTS tersebut yakni melalui program Fresh Graduate Academy (FGA), Government Transformation Academy (GTA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Digital Leadership Academy (DLA), Professional Academy (ProA) dan Talent Scouting Academy (TSA).

Kegiatan ini, lanjut Hari, akan menggandeng pihak swasta berupa berbagai perusahaan besar berskala global seperti Microsoft, Amazon, IBM, Oracle, Facebook, BRI, BNI, Gojek dan lain-lain. Untuk itu standar pelatihan dan kurikulum yang diterapkan juga disesuaikan dengan kriteria yang sesuai dengan standar perusahaan global tersebut.

Bersama USU, Kemenkominfo akan menggelar Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship Batch 2 yang pendaftarannya akan dibuka pada  10 April sampai dengan 17 Mei 2021. 

Tes substansi dilaksanakan pada 18 hingga 22 Mei 2021 dan pengumuman kelulusan peserta akan dilakukan pada 28 Mei 2021. Sementara pelaksanaannya akan dimulai pada tanggal 31 Mei 2021. Dari hasil seleksi ini nantinya akan diambil 17 peserta dari USU.

Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi, menyambut baik seluruh program kerja sama yang ditawarkan Kemenkominfo dan akan mempelajarinya secepat mungkin sehingga bisa disusul dengan peningkatan status kerja sama. 

Dikatakannya, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo  menawarkan membantu USU dalam mengatasi kendala-kendala digitalisasi tersebut dengan pengajaran secara online yang akan difasilitasi para praktisi serta Kominfo. 

"Di mana para mahasiswa nantinya akan diperkenalkan lebih jauh dengan materi revolusi 4.0, smart city dan lain-lain. Juga ada program big data yakni keterampilan dalam mengelola data yang besar. Poin-poin pengembangan kerja sama ini akan diformulasikan dan dibicarakan lebih jauh. (Ir/MSC)




Share:
Komentar

Berita Terkini