Rektor Unimed Wisuda 843 Mahasiswa Secara Daring, Para Lulusan Diminta Langsung Abdikan Ilmunya

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - 843 lulusan Unimed yang di wisuda periode Juni 2021 ini diharapkan dapat langsung mengabdikan ilmunya untuk peningkatkan kemaslahatan hidup masyarakat, bangsa dan negara, karena esensi dari orang yang berilmu itu, kehadirannya ditunggu masyarakat untuk memberikan perubahan yang lebih baik. 

Demikian Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes dalam kegiatan Wisuda Daring Program Dokter, Magister, Sarjana dan Diploma 2021 di Biro Rektor, Rabu (9/6/2021). "Saya yakin lulusan Unimed yang diwisuda hari ini pasti mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan dunia kerja," ujarnya sembari meyakinkan dengan potensi yang sudah di tempa di Unimed.

Dikatakannya, para alumni jangan takut bersaing, karena para wisudawan ini telah dipersiapkan melalui kurikulum KKNI yang terukur dan telah menghasilkan banyak kompetensi yang dibutuhkan masyarakat dan dunia kerja. 

"Saya yakin mereka akan cepat diterima memperoleh pekerjaan sesuai keahliannya, bahkan sebagian besar lulusan kita ini sudah bekerja sebelum tamat. Hasil Tracer Study Unimed, Lulusan Unimed itu dirata-ratakan memperoleh pekerjaan 3-5 bulan setelah lulus. Artinya lulusan Unimed sangat dinanti masyarakat dan dunia kerja," paparnya.

Menurutnya, pimpinan saat ini sudah menetapkan terobosan baru dalam menyahuti program "Merdeka Belajar Episode ke-10", yakni kita sudah melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja. 

"Kita juga sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi terbaik nasional dan internasional, semua pemerintah daerah, terutama di Sumut, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai tempat magang dan kuliah 1 semester di perguruan tinggi di luar Unimed. Kami yakin melalui program Merdeka Belajar yang sudah dirancang Unimed ini akan mendekatkan lulusan Unimed kedunia kerja," jelasnya.

Pertama tentu, para wisudawan harus bisa menjaga nama baik almamater, dimanapun mereka nanti bekerja, dan teruslah jalin komunikasi dengan almamater, untuk kemajuan Unimed ke depan.

Kedua, saatnya para lulusan untuk berbakti pada kedua orang tua, masyarakat dan bangsa. 

"Karena itu yakinkan diri anda, bahwa anda pasti bisa meraih kesuksesan hidup dan bahagia bersama dengan keluarga," paparnya. 

Lebih lanjut dipaparkannya,  843 wisudawan itu berasal dari 102 lulusan Program Pascasarjana, 71 Fakultas Ilmu Pendidikan, 174 Fakultas Bahasa dan Seni, 77 Fakultas Ilmu Sosial, 206 Fakutas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam, 96 Fakultas Teknik, 49 Fakultas Ilmu Keolahragaan, 68 Fakultas Ekonomi dengan gelar diberikan kepada terdiri dari 8 Doktor Pendidikan (Dr), 16 Magister Linguistik (M.Li.), 70 Magister Pendidikan (MPd), 3 Magister Olahraga (M.Or.) 1 Magister Sosial (M.Sos.), 14 Magister Ekonomi (M.E.), 619 Sarjana Pendidikan (S.Pd.),19 Sarjana Sastra (S.S.), 17 Sarjana Matematika (S.Mat.), 3 Sarjana Teknik (S.T.), 33 Sarjana Sains (S.Si.) 8 Sarjana Olahraga (S.Or.), 13 Sarjana Manajemen (S.M.), 18 Sarjana Akuntansi (S.Ak.), 11Ahli Madya (A.Md.).

"Kepada para wisudawan yang berbahagia, atas nama pribadi, pimpinan, dan seluruh sivitas akademika Unimed, kami mengucapkan selamat atas kelulusannya dan gelar akademik yang diraih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Ucapan selamat dan terima kasih juga saya disampaikan kepada seluruh orang tua/wali dan keluarga, yang telah mempercayakan pendidikan putra/putrinya kepada Unimed," paparnya.

Dalam kesempatan itu, ungkapnya, seluruh pimpinan juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada orang tua/wali dan para wisudawan, karena upacara Wisuda periode Juni 2021 ini masih kita laksanakan secara Daring. Pelaksanaan Wisuda Daring ini sebenarnya sungguh tidak kita inginkan bersama, namun karena kondisi dan situasi Pandemi Covid-19 di negara kita, khususnya di wilayah provinsi Sumut, belum memperbolehkan untuk mengadakan kegiatan apapun yang mengumpulkan banyak massa. Saya mengajak kepada kita semua, mari kita ambil hikmah, bahwa dibalik kegiatan Wisuda Daring ini, ada kepentingan yang lebih besar yakni kesehatan kita bersama dan seluruh masyarakat untuk terhindar dari tertularnya Covid-19 yang hingga saat ini belum reda. Semoga kita bersama dapat menerima dengan ikhlas dan sabar, dan Wisuda Daring yang kita laksanakan ini tetap hikmat dan bermakna bagi kita semua, terutama para wisudawan dan orang tua/wali," jelasnya. (Ir/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini