Unimed Buka Jalur Mandiri, Bisa Mendaftar Melalui Beasiswa KIP-K & Prestasi

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat dapat  mendaftar seleksi mandiri Unimed melalui beasiswa KIP-K, dengan PIN dan KAP Seleksi Mandiri yang diperoleh dari laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Silahkan baca pedoman lengkapnya di laman http://www.unimed.ac.id.

Demikian Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Hal sama juga bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat yang memiliki prestasi, dapat menggunakan prestasinya sebagai nilai tambah melalui jalur mandiri Unimed. 

"Baik prestasi akademik dan non-akademik, yaitu Prestasi Olahraga, Seni, MTQ/MKQ/Hafizh Quran tingkat provinsi, nasional dan internasional," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, daya tampung seleksi jalur mandiri Unimed 30 persen dari kouta keseluruhan mahasiswa baru tahun 2021 yaitu 7.500 mahasiswa. Jadi kouta yang akan di terima jalur Mandiri Unimed 2.250. 

Dikatakannya pendaftaran jalur mandiri dimulai 7 Juni sampai dengan 6 Juli 2021. "Pelaksanaan CBT/UTBK 8 Juli sampai dengan 12 Juli 2021. Adapun pengumuman 17 Juli 2021," paparnya.

Menurutnya, PTN diberikan keleluasaanya untuk melaksanakan seleksi tahap ketiga yakni jalur mandiri, akan tetapi tetap dalam pengawasan pemerintah. 

"Seleksi jalur mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer (CBT) dan penilaian portofolio bagi pemilih program studi seni dan keolahragaan," paparnya.

Menurutnya, jalur mandiri Unimed 2021 merupakan seleksi yang dilakukan secara objektif dengan menggunakan metode ujian CBT/UTBK. 

"Bagi program studi ilmu seni dan keolahragaan diwajibkan membuat portofolio," tukasnya.

Ketentuan khusus syarat pendaftaran yakni bagi siswa lulusan tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah.

Bagi siswa lulusan tahun 2021 telah memiliki Surat Keterangan Lulus SMA/SMK/MA. Surat keterangan sekurang-kurannya memuat informasi diri dan foto terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah.

Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Syarat penerimaan Unimed yakni lulus SMA/SMK/MA sederajat, lulus seleksi Jalur Mandiri 2021, sehat dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan Unimed.

Adapun tata cara pendaftaran yakni pendaftaran dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman www.unimed.ac.id.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman http://sm.unimed.ac.id.

Pendaftaran online Seleksi Mandiri Unimed dibuka mulai tanggal 7 Juni s.d 6 Juli 2021.

Alur pendaftaran peserta melakukan registrasi ke laman http://sm.unimed.ac.id dengan membuat email dan password, selanjutnya digunakan untuk login agar bisa mengisi identitas diri, data sekolah dan program studi pilihan, kemudian peserta akan mendapatkan kode pembayaran dan selanjutnya melakukan pembayaran biaya tes di Bank BNI, selanjutnya login kembali untuk mencetak kartu peserta ujian Seleksi Mandiri Unimed. Kemudian peserta mengikuti ujian sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian.

Sedangkan biaya pendaftaran antara lain biaya seleksi kelompok SAINTEK dan SOSHUM sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan kelompok Campuran sebesar Rp. 350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah). Bagi peserta yang memilih prodi seni dan keolahragaan dikenakan biaya tambahan ujian keterampilan sebesar  Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per-Prodi. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui bank BNI di seluruh Indonesia. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun

Dalam kesempatan itu, kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 (tiga) sebagai berikut.

Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum. (Ir/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini