Semasa Pandemi Covid-19, PLN Prioritaskan Industri Oksigen dan RS

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - PLN berkomitmen memberikan semua sumber daya, kemampuan, kekuatan untuk membantu dan memastikan keandalan pasokan listrik. Khususnya bagi rumah sakit (RS) dan industri gas yang menjadi prioritas dalam penanganan Covid-19. 

Penegasan ini disampaikan General Manager (GM) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Pandapotan Manurung kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Karenanya, PT PLN (Persero) gerak cepat membantu perbaikan instalasi listrik pelanggan yang padam di pabrik oksigen milik PT Aneka Gas Industri Medan, Selasa (6/7) malam. 

Dikatakannya, PLN menerima laporan adanya pemadaman aliran listrik PT Aneka Gas pada pukul 22.25 WIB. Tanpa menunggu lama, Pandapotan bersama tim langsung menuju lokasi pelanggan. 

"PLN Medan Utara bersama pihak teknisi pelanggan melakukan pemeriksaan pada instalasi milik PLN. Berdasarkan hasil pemeriksaan secara visual, diketahui instalasi PLN dalam kondisi baik dan dipastikan gangguan terjadi padam dari instalasi milik pelanggan," paparnya.

Selanjutnya dilaksanakan pengecekan peralatan pelanggan juga dilakukan. Dari hasil pengecekan bersama diyakini gangguan berasal dari Trafo 2  milik pelanggan.

"Hasil pemeriksaan relay menunjukkan indikasi Phasa Fault dan kondisi visual trafo ditemukan adanya rembesan minyak pada seputaran bushing trafo, maka diduga trafo 2 merupakan sebagai sumber gangguan internal pelanggan," ungkapnya. 

Tim PLN bersama petugas teknisi melakukan serangkaian ujicoba dan perbaikan sehingga pada  00:47 WIB, seluruh pabrik PT Aneka Gas sudah dalam kondisi normal.

"Keandalan pasokan listrik industri oksigen menjadi prioritas kami. Sebab oksigen saat ini merupakan kebutuhan mendesak masyarakat yang harus segera dipenuhi sehingga keandalan pasokan listrik sangat penting," ungkapnya.

PLN memahami pentingnya pasokan oksigen untuk kebutuhan medis sangat penting dan prioritas dalam situasi  pandemi Covid-19. Hal tersebut diperkuat dengan Rapat kordinasi Menko Maritim & Investasi, Menteri perindustrian bersama PLN dan Produsen oksigen di Jawa Bali ditekankan semua wajib memberikan kontribusi terbaik dan demi kemanusiaan dalam penyediaan oksigen untuk kebutuhan medis.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan, PLN juga telah membentuk Tim Teknis untuk berkordinasi mencari solusi dan membantu pelanggan. Komunikasi dan kolaborasi antara PLN dan pelanggan akan semakin meningkatkan keandalan pasokan listrik.

"PLN juga telah menyiagakan 70.516 personel untuk mengawal keandalan listrik nasional selama masa siaga peningkatan kasus Covid-19," paparnya. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini