Update Covid-19 di Samosir Bertambah 31 Kasus Baru

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Covid-19 di Samosir kian hari semakin bertambah yakni 31 kasus baru, 12 Sembuh, Konfirmasi Positif jadi 1.004 Kasus.

Data perkembangan Covid-19 yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jumat (23/7/2021), sebut Rohani Bakara selaku juru bicara Satgas.

 Hari ini, kumulatif konfirmasi positif menembus angka 1.004 dengan kasus aktif 451 orang atau 44.875% dari total kumulatif. Pada satu sisi, Satgas Covid-19 Samosir bersyukur atas tracing (telusur kontak erat) yang dilakukan setiap Satgas Covid-19 di Kecamatan/Desa/Dusun sehingga pemetaan persebaran dapat dilakukan dengan baik. Namun di sisi lain, Satgas Covid-19 memiliki tantangan yang semakin tinggi untuk melandaikan kasus konfirmasi positif harian selama PPKM berbasis mikro hingga 31 Juli 2021.

Sejauh ini, Satgas Covid-19 telah mengoptimalkan upaya pencegahan yakni disinfektanisasi di seluruh desa; pembagian masker dan hand sanitizer, penyekatan pintu-pintu masuk ke Samosir.

Satgas Covid -19 Kecamatan Sitiotio melakukan pembubaran acara pesta pernikahan secara persuasif yang langsung dipimpin Camat Sitiotio di Desa Parsaoran. 

Sebagai tambahan, Satgas Covid-19 Kec Sitiotio juga melakukan telusur kontak erat di Desa Cinta Maju untuk memastikan persebaran Covid-19 dari warga yang terpapar. Pembubaran acara adat istiadat juga dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Ronggurnihuta di Desa Salaon Dolok.

Dalam hal penanganan, Satgas Covid-19 Kec Pangururan melakukan disinfektanisasi atas jenazah korban Covid-19 di Desa Lumbansuhisuhi Dolok dan memastikan rombongan pengantar jenazah memenuhi dokumen yang diprasyaratkan oleh PPKM berbasis Mikro di Samosir.

Satgas Kecamatan/Desa tetap siaga melakukan upaya-upaya pencegahan untuk menurunkan angka konfirmasi positif harian.

Di samping itu, Satgas Covid-19 kordinasi lintas SKPD terkait sedang menyegerakan jaring pengaman sosial dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat yang kurang mampu dan rentan resiko sosial sebagai dampak pengiring dari pandemi Covid-19. Untuk Kec Nainggolan ini sudah dilaksanakan dan akan menyusul di setiap kecamatan lainnya untuk memastikan jaring pengaman sosial ini diterima oleh masyarakat penerima manfaat.

Di samping itu, Satgas Covid-19 melalui Dinas Ketahanan Pangan Samosir; Dinas Pertanian; Dinas Nakerkoperindag, dan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Samosir juga tetap memonitor ketersediaan bahan pokok; distribusi, dan stabilisasi harga pada pasar-pasar tradisional dan modern.

Untuk menyikapi dan melakukan langkah-langkah strategis atas angka kenaikan kasus beberapa hari ini.

Satgas Covid-19 juga mensyukuri atas meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menyikapi PPKM berbasis mikro yang efektif sejak tanggal 21 Juli 2021 yang lalu.

Di atas semua upaya, mari tetap doakan pemimpin kita agar diberikan kekuatan dan hikmat dalam mengelola penanganan pandemi Covid-19 ini untuk tetap melayani masyarakat sebagai tanda kehadiran Pemerintah di tengah-tengah kesulitan yang dihadapi masyarakat. (HTS/MSC).

Share:
Komentar

Berita Terkini